Forgot Password Register

AS-Arab Saudi 'Mesra', Iran: Timur Tengah Makin Kacau

AS-Arab Saudi 'Mesra', Iran: Timur Tengah Makin Kacau Pertemuan Menlu AS Mike Pompeo dengan Raja Salman Abdulaziz. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pemerintah Iran menilai kerjasama antara Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS) membuat gaduh daerah Timur Tengah.

"Kerjasama antara Amerika dan Arab Saudi akan semakin mengacaukan Timur Tengah dan akan menyebabkan lebih banyak krisis di kawasan itu," kata Juru Bicara Juru bicara Departemen Luar Negeri Iran Bahram Qasemi, seperti dikutip Pantau.com dari Reuters, Senin (30/4/2018).

Baca juga: AS Galang Dukungan Negara Teluk Hadapi Teknologi Nuklir Iran

Menurutnya, pernyataan Menlu baru AS tersebut tidak berdasar. Ia mengklaim jika negara Timur Tengah masih membutuhkan bantuan Iran.

"Pernyataan Pompeo tentang Iran tidak berdasar dan berulang kali. Selama pemerintah yang sah dari negara-negara regional membutuhkan bantuan kami, Iran akan tetap berada di negara-negara itu," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, menegaskan agar seluruh negara teluk bersatu untuk menghadang kepentingan Iran. Hal itu disampaikan Pompeo saat mengunjungi Arab Saudi.

Baca juga: Usai Dilantik Jadi Menlu AS, Mike Pompeo Bakal Terbang ke Arab Saudi

Pompeo meyakinkan Arab Saudi bahwa Amerika Serikat akan keluar dari perjanjian nuklir dengan Iran, kecuali ada kesepakatan dengan negara Eropa untuk mengubah kesepakatan untuk memastikan Teheran tidak mampu menguasai teknologi senjata nuklir.

"Iran mengguncang ketenangan kawasan," kata Pompeo dalam jumpa pers bersama Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More