Forgot Password Register

AS Galang Dukungan Negara Teluk Hadapi Teknologi Nuklir Iran

Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: Reuters/Yves Herman) Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: Reuters/Yves Herman)

Pantau.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, menegaskan agar seluruh negara teluk bersatu untuk menghadang kepentingan Iran. Hal itu disampaikan Pompeo saat mengunjungi Arab Saudi.

Pompeo meyakinkan Arab Saudi bahwa Amerika Serikat akan keluar dari perjanjian nuklir dengan Iran, kecuali ada kesepakatan dengan negara Eropa untuk mengubah kesepakatan untuk memastikan Teheran tidak mampu menguasai teknologi senjata nuklir.

"Iran mengguncang ketenangan kawasan," kata Pompeo dalam jumpa pers bersama Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir.

Baca juga: Usai Dilantik Jadi Menlu AS, Mike Pompeo Bakal Terbang ke Arab Saudi

"Mereka mendukung jaringan kelompok teroris dan milisi. Mereka juga menjadi pemasok senjata bagi gerilyawan Houthi di Yaman. Mereka juga mendukung rezim pembunuh Assad di Suriah," kata dia.

Pompeo juga menyinggung perselisihan negara Teluk dengan Qatar. "Persatuan di antara negara Teluk adalah suatu keharusan dan kita harus bisa mencapainya," kata Pompeo.

Arab Saudi, bersama Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir, memutus hubungan dagang dan transportasi dengan Qatar pada Juni tahun lalu karena dianggap mendukung terorisme dan memihak pada Iran.

Baca juga: Dua Tempat Ini Jadi Opsi Tempat Pertemuan Bersejarah Trump dan Kim Jong Un

Qatar sendiri membantah tudingan itu dan mengatakan bahwa negara itu hendak berupaya membatasi kedaulatan Qatar. Sementara itu Iran juga menolak tudingan membantu terorisme ataupun mengembangkan senjata nuklir.

Pompeo juga sempat bertemu sebentar dengan Raja Salman di Istana Irqah.

Sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa Pompeo akan mendiskusikan pengaruh Iran di kawasan Timur Tengah dan mendesak Teluk untuk turut menjatuhkan sanksi demi menghancurkan program pengembangan rudal dari Tehran.

Di sisi lain, Pompeo juga akan mendesak Arab Saudi bersama negara Teluk lain untuk segera menyelesaikan perselisihan mereka dengan Qatar.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More