Forgot Password Register

AS Jatuhkan Sanksi Baru untuk Iran Pasca 'Cabut' dari Kesepakatan Nuklir

AS Jatuhkan Sanksi Baru untuk Iran Pasca 'Cabut' dari Kesepakatan Nuklir Bendera Iran. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap Iran setelah dianggap menyalurkan jutaan dolar ke Korps Pengawal Revolusi Iran-Pasukan Quds.

Keputusan tersebut diambil setelah Presiden Donald Trump mengumumkan penarikan diri AS dari kesepakatan bersejarah nuklir Iran.

Kementerian Keuangan AS menyatakan tengah bekerjasama dengan Uni Emirat Arab (UAE) untuk mengganggu jaringan pertukaran uang di Iran. 

Baca juga: Trump Tarik Diri dari Kesepakatan Nuklir, Iran: Anda Telah Buat Kesalahan!

Bank Sentral Iran disebut terlibat dalam skema IRGC-QF dan secara aktif mendukung pertukaran mata uang jaringan itu untuk memudahkan akses ke rekening bak asing milik Iran.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin menyetakan Iran telah menyelewengkan akses ke lembaga di UAE untuk memperoleh dolar AS guna mendanai kegiatan jahat IRGC-QF, termasuk mendanai dan mempersenjatai kelompok separatis.  AS pun telah memblokir seluruh akses jaringan tersebut.

Baca juga: 'Tamparan' Keras Obama untuk Donald Trump

Adapun IRGC sendiri, telah beroperasi sejak tahun 1979 untuk membela sistem pemerintahan Islam Iran, dan juga menjelma sebagai penyokong kekuatan militer, politik, dan ekonomi utama di negara tersebut.

Sanksi terbaru itu diberikan AS, sehari setelah negeri Paman Sam itu menarik diri dari perjanjian nuklir Iran yang sudah disepakati sejak tahun 2015 lalu.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More