Pantau Flash
Pengamat: Jika Tolak Pimpinan Baru, Pegawai KPK Sama Saja Berpolitik
Amerika Serikat Janji Tak Naikkan Tarif Mobil Jepang
Indonesia Hancurkan Filipina 4-0 di Kualifikasi Piala Asia U-16
Utang Luar Negeri Indonesia di Akhir Juli Naik 10,3 Persen
BukaLapak: Yang di PHK Enggak Sampai 10 Persen

AS Warning Maskapai Penerbangan yang Melintas di Teluk Persia

AS Warning Maskapai Penerbangan yang Melintas di Teluk Persia Pesawat milik Qatar Airways parkir di Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar (Foto: AP)

Pantau.com - Para diplomat AS memperingatkan maskapai-maskapai komersial AS yang terbang melintasi wilayah Teluk Persia supaya waspada di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran.

Peringatan itu dikeluarkan Sabtu (18 Mei 2019) dari para diplomat AS di Kuwait dan Uni Emirat Arab (UAE), dua hari setelah dirilis pertama kali oleh Badan Penerbangan Federal AS.

Peringatan itu mengatakan bahwa maskapai-maskapai AS yang terbang di atas wilayah itu berisiko salah teridentifikasi di tengah meningkatnya aktivitas militer dan meningkatnya ketegangan politik di kawasan itu.

Baca juga: Naas, Niat Berlibur 5 Turis Asing Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Dilansir VOA, ketegangan telah meningkat dalam beberapa hari belakangan, memicu kekhawatiran akan pecahnya konflik AS-Iran.

Baru beberapa hari lalu, AS mengerahkan kapal-kapal perang dan pesawat pembom ke kawasan itu untuk menanggapi dugaan ancaman dari Iran. Ancaman yang belum jelas itu memicu AS untuk menerapkan lebih banyak sanksi ekonomi atas Iran dan menarik staf diplomatik non-esensial dari kedutaan di Baghdad, Irak.

Teluk Persia adalah gerbang utama bagi perjalanan Timur-Barat. Bandara Internasional Dubai adalah bandara tersibuk di dunia bagi perjalanan internasional. 

Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Internasional

Berita Terkait: