Forgot Password Register

Aturan Ganjil Genap Kurangi Pendapatan Jalan Tol? Ini Kata BPJT

Jalan Tol. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi) Jalan Tol. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Pemberlakuan aturan ganjil genap di beberapa tol dinilai cukup efektif mengurangi jumlah kendaraan di dalam tol. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna mengatakan pembatasan ganjil genap mengurangi kepadatan di jam tertentu.

"Ya kan penuh waktu itu, kendaraan sehari-hari sudah penuh kalau dikurangi kan malah jadi nyaman," ujarnya saat dihubungi Pantau.com, Selasa (17/4/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya pembatasan ganjil genap bukan berarti membuat kendaraan yang masuk ke jalur tol berkurang 50 persen. 

Baca juga: Kenaikan Utang Luar Negeri di Sektor Publik Dalam Tahap Mengkhawatirkan

"Cuma dengan dilarang bukan berarti 50persen itungannya ilang, paling ada yang mengubah pola perjalanan, yang tadinya misal karena mulai jam 6 dia jadi berangkat jam 05.00 atau  05.30 kan gak berkurang, tapi hanya merubah polanya saja," paparnya.

Ia juga memastikan belum tentu ada pengurangan pendapatan akibat penerapan aturan tersebut. Menurutnya kemungkinan hanya terjadi pergeseran waktu masuk kendaraan.

"Kan belum tentu berkurang, ada yang berubah rute, ada yang berubah jam pergi jadi ya itungannya belum (bisa diprediksi)," pungkasnya.

Baca juga: BUMN Penyelenggara Jalan Tol Bagikan Dividen Rp440 Miliar

Share :
Komentar :

Terkait

Read More