Forgot Password Register

Australia Sepakat Stop Donasi USD7,4 Juta ke Otoritas Palestina, Kenapa?

Bentrokan di Perbatasan Gaza. (Foto: Reuters/Amir Cohen) Bentrokan di Perbatasan Gaza. (Foto: Reuters/Amir Cohen)

Pantau.com - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menyatakan akan melakukan pembicaraan dengan otoritas Palestina terkait donaso USD7,4 juta untuk warga di perbatasan Gaza.

Melansir Sputnik, Senin (2/7/2018), Australia memutuskan untuk mengakhiri pendanaan langsung kepada otoritas Palestina karena kekhawatiran tentang kemungkinan penyalahgunaan sumbangan ini oleh Otoritas Palestina.

Baca juga: AS Klaim Cukup Butuh Waktu 1 Tahun Bongkar Program Senjata Korea Utara

Julie Bishop menyatakan, bahwa pada bulan Mei dia mencari jaminan pihak berwenang tidak akan menghabiskan uang untuk kegiatan yang Australia tidak akan pernah mendukung. Hal itu mengacu pada protes-protes kekerasan di perbatasan Gaza yang melibatkan warga Palestina dengan Israel.

Demonstrasi di perbatasan Gaza-Israel telah berlangsung sejak 30 Maret. Pemerintahan Israel menyalahkan militan Gaza Hamas dan Iran atas bentrokan berdarah itu.

Baca juga: Intip Deh Video Ini, Seorang Wanita 'Nyaris' Jadi Santapan Hiu Lapar

Hubungan antara Israel dan Palestina telah tegang selama beberapa dekade. Palestina mencari pengakuan diplomatik untuk negara merdeka mereka di wilayah Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, yang sebagian diduduki oleh Israel, serta Jalur Gaza.

Pendanaan Australia senilai USD7,4 juta untuk dana perwalian Bank Dunia akan dialokasikan kembali ke Dana Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk wilayah Palestina.

Bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina yang rentan yang membutuhkan makanan dan air serta perawatan kesehatan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More