Pantau Flash
Baznas Raih Penghargaan sebagai Lembaga Zakat Pelayanan Terbaik
Kemensos Klaim Seluruh Lokalisasi di Pulau Jawa Sudah Ditutup
Diwarnai Blunder Yanto Basna, Indonesia Kalah 0-2 dari Malaysia
MRT Bayar Listrik Rp12 Miliar Setiap Bulan
Pelebaran Trotoar di Cikini Korbankan Jalur Sepeda

Awas, 5 Penyakit Keturunan Ini Bisa Menyerangmu!

Awas, 5 Penyakit Keturunan Ini Bisa Menyerangmu! Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Tidak bisa dipungkiri lagi banyak orang yang menginginkan tubuh sehat yang bebas dari segala macam penyakit. Namun ternyata ada beberapa penyakit yang tak bisa dicegah karena penyakt ini termasuk penyakit genetik yang diturunkan.

Buat kamu yang belum tahu penyakit keturunan adalah suatu penyakit kelainan genetik yang diwariskan dari orangtua kepada anaknya. Nah beberapa penyakit turunan yang ternyata bisa diturunkan pada generasi berikutnya. Orangtua yang memilki gen penyakit turunan, wajib untuk memeriksakan anaknya.

Intip yuk penyakit keturunan apa saja yang bisa dirunkan orang tua kepada anaknya.

1. Hemofilia


Ilustrasi (Foto: Kesehatan Indo)

Penyakit turunan ini lebih sering terjadi pada laki-laki. Sekadar informasi, hemofilia adalah penyakit yang bisa mempengaruhi kemampuan darah untuk membeku.

Butuh waktu yang lama bagi penderita hemofilia untuk membuat darah dapat membeku atau berhenti mengalir saat sedang terluka.

2. Penyakit Jantung


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Seseorang dengan riwayat penyakit jantung akan memiliki risiko menurunkan penyakit tersebut ke anaknya.

Risiko penyakit ini bisa semakin meningkat kalau orang tersebut mempunyai gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, atau mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

3. Asma


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Nah yang ini untuk kamu ketahui hampir 30 persen penyakit asma disebabkan oleh turunan dari orangtuanya. Namun terkadang penyakit asma bisa timbul karena adanya pengaruh di sekitarnya.

4. Alergi


Ilusrasi (Foto: Pixabay)

Biasanya alergi disebabkan oleh faktor turunan. Kalau orangtuamu memiliki alergi, maka kemungkinan besar kamu juga akan mempunyai alergi juga. Namun apabila salah satu orangtuamu saja yang memilki alergi, maka kemungkinan risikonya berkurang sekitar 30 persen.

5. Diabetes


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Penyakit yang satu ini memang sulit untuk dideteksi ya guys. Namun risiko penyakit turunan ini sangat tinggi apabila keluarga kamu juga mengidap penyakit diabetes. Ada beberapa faktor penyebab dari penyakit diabetes, contohnya obesitas dan makan yang tidak sehat.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Ragam

Berita Terkait: