Forgot Password Register

Ayah dan Bunda, Ini Loh 5 Keajaiban Mendongeng

Ayah dan Bunda, Ini Loh 5 Keajaiban Mendongeng Festival Dongeng Internasional Indonesia (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Banyak yang menganggap sepele kegiatan mendongeng bagi anak, apalagi era perkembangan media sosial dan teknologi yang semakin canggih, nampaknya orang semakin lupa saja dengan kegiatan yang identik dilakukan sebelum tidur ini.

Padahal, dongeng memiliki sederet keajaiban di dalamnya, bukan sekedar media menghibur dan senjata agar membuat anak terlelap.

Setidaknya ada lima manfaat mendongeng bagi anak, dari hasil perbincangan Pantau.com dengan pendongeng profesional Rika Endang Triyani di acara Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Sabtu (3/11/2018).

1. Imajinasi semakin tinggi

Meski si pendongeng hanya bertutur dengan mendeskripsikan cerita, nyatanya membuat pikiran anak sering kali melanglang buana jauh. Saat diceritakan walau dengan sedikit gambar, pikiran setiap anak akan terbentuk dengan sendirinya, dan itu berbeda-beda.

Tak jarang apa yang diceritakan pendongeng, si anak kerap bereksplorasi lebih jauh, dan jika dikembangkan akan jauh lebih hebat.

2. Keragaman kosakata

Sudah barang tentu saat orangtua mendongeng, penggunaan kata sangat berpengaruh, karena jika kosakatanya itu-itu saja yang terjadi adalah anak cepat bosan dengan cerita.

"Misalnya, semak, rimbun, teduh, itu kita tidak ada bahasa sehari-hari, tapi dari dongeng dia kenal kata-kata itu. Kosakata dia lebih banyak karena dari cerita ke dia," papar wanita yang akrab disapa Kak Tika itu.

3. Anak lebih dekat dengan orangtua

Kedekatan antara si pendongeng dengan pendengar jadi faktor penting kesuksesan bercerita, karena saat jaraknya terlampau jauh pesannya akan tak sampai. Posisi inilah yang menjadikan hubungan anak dan orangtua jadi lebih erat.

"Apalagi sama anak kita pasti bersisian, sambil meluk, sambil tidur," imbuhnya.

4. Pengetahuan dan wawasan bertambah

Setiap cerita dongeng sudah barang tentu ada nilai-nilai yang bisa diambil dan diterapkan ke kehidupan sehari-hari. 

Baca juga: Ingin Mendongengkan Anak Tapi Masih Kaku? Begini Triknya

Pengetahuan tentang nama-nama binatang, tempat tinggal masing-masing hewan ataupun pengetahuan tentang nilai-nilai budi pekerti, seperti tidak boleh berbohong, saling tolong menolong satu sama lain, dan sebagainya.

5. Melancarkan komunikasi

Tidak hanya memperlancar kemampuan komunikasi anak, tapi juga komunikasi orangtua. Apalagi orangtua yang cenderung jarang bercerita, maka jangan heran standar berkomunikasinya rendah.

Baca juga: Hadiri FDII 2018 Agar Tahu Cara Menjadi Pendongeng yang Handal

Saat orangtua membiasakan diri berbagi pengalaman kehidupannya sehari-hari, maka anak akan dengan cepat meniru dan ikut bercerita. Seiring waktu pula, perkembangan komunikasi sang anak akan semakin membaik.

"Dia otomatis akan mengeluarkan isi hatinya, karena buat saya penting banget. Saya enggak mau anak saya ngumpetin sesuatu, jadi ya itu," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More