Forgot Password Register

Ayo Bisa Hemat, Kuota Mudik Gratis Kemenhub Masih Tersedia

Warga antre untuk mendaftar program Mudik (Foto:Antara/Sigid Kurniawan) Warga antre untuk mendaftar program Mudik (Foto:Antara/Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Jika kalian ingin menghemat anggaran mudik, tidak ada salahnya menggunakan jasa mudik gratis yang ditawarkan oleh sejumlah kementerian atau badan usaha milik negara (BUMN).

Kali ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih membuka mudik gratis jalur darat menggunakan kapal roro (roll on roll off) atau kapal yang bisa melakukan bongkar muat. Sehingga memungkinkan penumpang membawa kendaraan memasuki kapal. 

Jalur yang tersedia yakni dari Jakarta tujuan Lampung, Semarang dan Surabaya. Satu kapal Roro dapat memuat 2.000 penumpang dan 1.000 sepeda motor. 

"Yang sekarang masih berlangsung (pendaftaran) mudik gratis kapal roro yang (kuotanya) belum sampai 40 persen, rute Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang  dan Jakarta-Surabaya,"  ujar Budi Setiadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub  saat jumpa pers di kantor Kemenhub, Selasa (15/5/2018).

Baca juga: Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi Tembus Rp150.000 per Kilo

Pemberangkatan mudik gratis menggunakan kapal roro dilakukan 9 Juni 2018. Pihaknya menambahkan, biasanya saat kuota pendaftaran mudik gratis bus terpenuhi calon peserta mudik gratis beralih ke kapal roro.

"Biasanya kalau bus selesai banyak yang ke sini, kita masih punya waktu sampai tanggal 9 Juni nanti pemberangkatan," paparnya.

Ia berharap upaya ini dapat dimanfaatkan agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Agar upaya pengurangan penggunaan sepeda motor untuk mudik dapat berkurang. Sehingga pihaknya meminta masyarakat yang akan mudik menggunakan sepeda motor dapat memanfaatkan waktu yang masih tersedia untuk mengikuti mudik gratis.

Baca juga: Kemenhub Janjikan Fasilitas Plus untuk Penumpang Mudik Gratis

"Yang dilakukan pemerintah ini kita ingin ingatkan bahwa mudik pakai motor itu sangat berbahaya. Kita masih punya waktu sekitar satu bulanan mudah-mudahan dengan ini bisa mendorong kembali agar masyarakat menggunakan mudik gratis," ungkapnya.

Seperti diketahui mudik gratis bidang darat yang digelar oleh Kementerian Perhubungan ini menyediakan 1.135 bus. Pendaftaran seminggu lalu telah hampir 100 persen kuota terpenuhi sehingga sisanya disiapkan mudik gratis untuk peserta yang berasal dari TNI, Marinir, dan satu perkumpulan lagi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More