Forgot Password Register

Bahas Ketegangan Suriah, Putin Telepon Langsung Netanyahu

Bahas Ketegangan Suriah, Putin Telepon Langsung Netanyahu Vladimir Putin. (Foto: Reuters/Sergei Chirkov)

Pantau.com - Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Benjamin Netanyahu. Rusia mendesak perdana menteri Israel itu agar tidak melakukan tindakan yang bisa mengganggu stabilitas Suriah.

Sementara itu, Netanyahu mengatakan kepada Putin bahwa Israel akan menekankan upaya untuk mencegah keberadaan militer Iran di Suriah

Melansir Reuters, Kamis (12/4/2018), Suriah, Iran dan Rusia mengatakan Israel berada di balik serangan udara ke sebuah pangkalan udara Suriah pada Senin, yang menewaskan tujuh personel militer Iran. Israel tidak membenarkan maupun membantah tuduhan itu.

Baca juga: Imbas Ketegangan Suriah, AS Siap Gempur Rusia dengan Peluru Kendali

Dalam pembicaraan melalui telepon, Putin mengatakan kepada Netanyahu bahwa semua pihak harus menghormati kedaulatan Suriah, menurut pernyataan di situs daring Kremlin.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: Reuters)

Dalam pernyataan menyangkut pembicaraan telepon itu, kantor Netanyahu mengatakan, "Perdana Menteri (Benjamin Netanyahu) menegaskan bahwa Israel tidak akan membiarkan Iran menempatkan militer di Suriah."

Baca juga: Arab Saudi Siap Ambil Bagian Dalam Aksi Militer Terhadap Suriah

Seperti diketahui, perang dingin terjadi antara Rusia dan Amerika Serikat terkait dugaan serangan senjata kimia di Douma, Ghouta Timur, Suriah pada Sabtu 7 April 2018 lalu. Amerika menuduh jika serangan tersebut merupakan kebijakan Presiden Suriah  Bashar al-Assad.

Sementara Rusia bersikukuh jika serangan tersebut dilakukan oleh LSM White Helmets dan kelompok Jaish al-Islam. Serangan itu hanya akal-akalan negara barat untuk menekan Presiden Suriah

Share :
Komentar :

Terkait

Read More