Pantau Flash
KPK Kembali Agendakan Pemeriksaan Soekarwo Pekan Depan
Kantongi USD102 Miliar, Huawei Duduki Posisi 1 dari 500 Perusahaan China
Produsen Korsel Sudah Incar Lokasi Untuk Pabrik Mobil Listrik di Karawang
The Daddies Melenggang ke Perempatfinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019
Ketua DPRD DKI: 31 Agustus Batas Terakhir Pemprov Urusi Pencari Suaka

Bahaya, Jangan Coba-coba Deh Olahraga Sambil Pakai Make-Up

Bahaya, Jangan Coba-coba Deh Olahraga Sambil Pakai Make-Up Ilustrasi berolahraga. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kebanyakan wanita merasa tidak tampil percaya diri tanpa make-up, termasuk ketika berolahraga. Namun, bolehkah mengenakan riasan ketika berolahraga? Jawabannya adalah tidak.

"Sebenarnya sih enggak (boleh pakai make up), karena itu kan sudah ada keringat, ada minyak yang keluar ekstra, terus kemudian kita tambahin lagi lapisan atasannya. Sebaiknya sih enggak usah," ujar Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dr. Anesia Tania, SpKK beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca juga: Benarkah Cuci Muka Setelah Berolahraga Bahaya?

Menurut Dr. Anesia olahraga adalah saat ketika kulit beristirahat tanpa ditindih dan ditumpuk dengan zat kosmetik. Bahkan, anggapan selama ini setelah olahraga tidak boleh langsung membersihkan muka adalah keliru.

"Kan ada tuh nunggu keringat (kering) baru boleh mandi atau cuci muka itu, benar enggak sih? Tetap bersihin (muka). Kemudian kalau olahraga keringetan banget, mungkin perlu double cleansing," paparnya.

Sementara itu, untuk penggunaan sunscreen atau pelindung tabir surya, disarankan Dr. Anesia hanya digunakan saat olahraga di luar ruangan

"Tapi kalau indoor di gym misalnya, ketutup enggak ada jendela, enggak ada sinar matahari, enggak usah pakai sunscreen sama sekali juga enggak apa-apa," tuturnya.

Baca juga: Hilangkan Kebiasaan Mencampur Merek Make Up, Berbahaya!

Bahkan masa kini, masih banyak kebiasaan masyarakat yang berolahraga setelah pulang berkerja tanpa menghapus make-up. Hal itu sangatlah berbahaya untuk kulit karena jadi penyebab besarnya komedo, gatal-gatal, iritasi, hingga terciptanya jerawat.

"Karena ibaratnya muka kita seharian ditempel make-up, sudah kusut di kantor kena matahari, terus kita mau olahraga mau keringetan, ditambah lagi jadi kayak double-double, jadi sebaiknya bersihin dulu," tutupnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Rifeni
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: