Pantau Flash
7 Tahun Digarap, PLTA Rajamandala akan Pasok Kelistrikan Jawa-Bali
Hendra Pastikan Indonesia Open 2019 Bukan Kompetisi Terakhirnya
Harga Cabai Tembus Rp70.553 per Kg Setara Setengah Kg Daging Sapi
Persija Siap Beri Kekalahan Pertama untuk Tira Persikabo
DPR Terima Surat Pertimbangan Pemberian Amnesti Baiq Nuril

Bahaya! Jangan Sering Gunakan Pembersih Wajah 'All in One'

Bahaya! Jangan Sering Gunakan Pembersih Wajah 'All in One' Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jika bukan dalam keadaan terdesak atau emergency, Dokter Kulit dan Kelamin Dr. Anesia Tania, SpKK menyarankan untuk tetap menggunakan serangkaian pembersih wajah dibanding produk 'all in One' yang memiliki zat cukup keras dan berbahaya jika dipakai terus menerus.

Baca juga: Gunakan Tabir Surya Menghalangi Asupan Vitamin D, Tapi Mencegah Kanker

"Karena kalau buat ngangkat semua berarti dia punya surfaktan yang cukup kuat nih, kayak SLR atau mineral oil. Nah, dia itu biasanya selain ngangkat make up-nya dia ngangkat lipid barrier kita juga, jadi kalau dipakai sering-sering sebaiknya sih enggak," ujar Dr. Anesia beberapa waktu lalu di Jakarta.

Alih-alih menggunakan produk pembersih wajah 'all in one', Dr. Anesia menyarankan agar tetap menggunakan metode double cleansing dengan penghapus (remover) make up yang dituntaskan dengan sabun pencuci muka seperti facial foam.

Bahayanya jika lapisan lipid bariee terus menerus terkikis, karena produk 'all In One', yang terjadi kegiatan pelumasan kulit yang melindungi dari bakteri dan bahan-bahan kimia, kulit akan mudah rusak karena tidak terlindungi.

"Kulitnya kering kayak dinding kita enggak ada semennya itu bolong-bolong, jadi kalau kita pakai apa aja make up apapun atau bahan kimia jadi bakal iritasi, gampang merah, gampang gatel, gampang kering, gampang komedo," jelasnya.

Baca juga: Kulit Kering Bisa Picu Terjadinya Eksim

Karenanya penting mengenal jenis kulit muka, yang nantinya metode pembersihan disesuaikan produk yang dibutuhkan, meski tidak harus baku dengan melihat aktivitas pada hari tersebut.

"Enggak harus yang kaku first cleanser second cleanser, enggak, sesuai aja. Lagi pakai make up pakai make up remover, atau lagi oily banget pakai cleansing balm jadi ya sesuai jenis kulit sama kebutuhan," tutupnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: