Pantau Flash
OTT Yogyakarta: KPK Bawa 5 Orang ke Jakarta untuk Diperiksa
G7 Adakan KTT di Tengah Kepanikan akan Perekonomian Global
Redam Hoax Kerusuhan Papua, Kemkominfo Sempat Perlambat Internet
Efek Aksi Demo, Pemesanan Tiket Pesawat ke Hong Kong Turun 20 Persen
Industri Manufaktur Diramalkan Jadi Pengguna 5G Pertama

Bakar Bank di Melbourne, Nur Islam Divonis Penjara 11 Tahun

Bakar Bank di Melbourne, Nur Islam Divonis Penjara 11 Tahun Rekaman kamera CCTV menunjukkan ketika Nur Islam menyalahkan korek di siraman bensin di Commonwealth Bank Springvale tahun 2016. (Foto: Melbourne Magistrates' Court via ABC News)

Pantau.com - Seorang pencari suaka asal Myanmar Nur Islam yang menyebabkan kebakaran di sebuah bank di Springvale, sekitar 30 km dari pusat kota Melbourne telah dikenai hukuman 11 tahun penjara.

Islam mengakui bersalah atas 16 tuduhan yang dikenakan terhadapnya dalam peristiwa yang menyebabkan empat orang mengalami cedera serius.

Dikutip dari ABC News, Jumat (1/3/2019), kamera CCTV memperlihatkan bahwa Islam menyebarkan minyak bensin di pintu masuk Commonwealth Bank Cabang Springvale pada tanggal 18 November 2016. Dia kemudian menyalahkan korek api sehingga terjadi kebakaran.

Baca juga: Kota Guerneville di California Utara 'Tenggelam' Akibat Banjir Besar

Hakim Howard Mason dalam keputusannya mengatakan tindakan Islam tersebut terekam oleh beberapa kamera di sepanjang Springvale Road, lokasi bank tersebut berada.

Pria berusia 24 tahun tersebut adalah seorang pencari suaka asal Myanmar dan sekarang harus menjalani hukuman penjara minimum 7 tahun sebelum bisa mengajukan pembebasan bersyarat.

Dalam persidangan diungkapkan bahwa perilaku Nur Islam berubah sebelum peristiwa tersebut terjadi.

Di hari kejadian, dia merasa frustrasi karena tidak bisa mengambil uang dari akunnya karena ada masalah dengan kartu ATMnya.

Nur Islam mengaku bersalah atas satu tuduhan pembakaran, empat tuduhan secara ceroboh menyebabkan cedera sangat serius dan 11 tuduhan menyebabkan cedera.

Baca juga: India-Pakistan Saling Baku Tembak di Wilayah Kashmir

Islam sendiri mengalami luka bakar 60 persen dalam kejadian tersebut dan harus menghabiskan empat setengah bulan di rumah sakit.

Dalam peristiwa ini ada 39 orang yang berada di dalam bank tersebut, dan beberapa diantaranya harus menyelamatkan diri dengan melintasi api di pintu masuk.

Yang lain berusaha keluar dari pintu belakang, yang terkunci dan banyak lainnya terperangkap di dalam bank.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: