Forgot Password Register

Banding Diterima, 10 Klub Kantongi Lisensi Klub Profesional AFC

Banding Diterima, 10 Klub Kantongi Lisensi Klub Profesional AFC Berlinton Siahaan dalam konferensi pers di Kantor LIB. (Foto: Pantau.com/Wila Wildayanti)

Pantau.com - Sebanyak tiga klub Liga 1 2018 yaitu Barito Putera, PSM Makassar, dan Madura United mengajukan banding mengenai lisensi klub profesional AFC. Hasilnya, banding tersebut pun diterima.

Namun, ketiga klub tersebut belum mendapat lisensi sempurna. Pasalnya, Kepala Departemen Lisensi Klub PSSI Tigor Shalom Boboy mengatakan ada beberapa kriteria yang belum dipenuhi tiga klub tersebut.

Sebelumnya, ada empat klub yang mengajukan banding kepada pihak PSSI mengenai penolakan lisensi tersebut. Yaitu Persib Bandung yang ikut mengajukan banding.

Namun, Tigor menjelaskan banding yang Persib berbeda dengan PSM, Barito, dan Madura United. Dia mengatakan, banding yang diajukan Persib untuk menyempurnakan lisensi klub profesional yang didapat Maung Bandung.

"Banding Persib berbeda dengan tiga klub yaitu PSM, Madura United, dan Barito Putera. Apapun, Persib banding atau tidak, tidak memengaruhi lisensi yang diterima. Persib sempurna di 33 kriteria A, 8 kriteria B dan itu sudah dipenuhi," kata Tigor.

Dengan diterimanya banding tersebut, kini ada 10 klub dari 18 peserta Liga 1 2018 yang mendapat lisensi klub profesional AFC.  Seperti Persija Jakarta, Persib, Arema FC, Bhayangkara FC, Bali United, Borneo FC, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Madura United, serta Barito Putera. Dimana tiga klub awal mendapat lisensi sempurna.

"Semua dokumen masuk lewat sistem, bukan manual ke departemen klub lisensi. Ada perpanjangan waktu, karena melihat adanya potensi beberapa klub memeroleh lisensi," kata Tigor.

"Pada 15 Oktober, Komite Lisensi sudah memutuskan dan memberikan hasil ke seluruh klub. Ada tiga klub yang dalam posisi granted, yaitu Arema, Persib, dan Persija. Jadi per 15 Oktober tiga klub termasuk Persib sudah mendapat lisensi," sambung Tigor.

Sementara empat klub lainnya, yakni Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, serta Persipura Jayapura mendapat lisensi dengan catatan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More