Forgot Password Register

Bangladesh Tetap akan Pindahkan Muslim Rohingya ke Pulau Terpencil

Bangladesh Tetap akan Pindahkan Muslim Rohingya ke Pulau Terpencil Bangladesh berencana memindahkan 23 ribu pengungsi Rohingya ke suatu pulau terpencil. (Foto: Reuters/Mohammad Ponir Hossain)

Pantau.com - Bangladesh menyatakan, akan memindahkan puluhan ribu Muslim Rohingya dari kamp yang kelebihan penghuni ke pulau terpencil yang rentan terhadap cuaca ekstrem, meskipun rencana tersebut mengundang banyak kontroversi.

Tempat berteduh dan tembok penghalang banjir telah dibangun di Bhashan Char, pulau kecil yang berlumpur dan baru muncul di Teluk Benggala pada 2006, dengan harapan pemerintah bisa memindahkan 10.000 pengungsi Rohingya ke sana.

Bangladesh telah membicarakan pulau tersebut selama bertahun-tahun dan rencana untuk memindahkan sebagian dari hampir satu juta pengungsi yang tinggal di sepanjang perbatasan dengan Myanmar telah macet berkali-kali.

Baca juga: Relokasi Rohingya ke Pulau Terpencil, Pemerintah Bangladesh Dikecam

Usul untuk memindahkan pengungsi tetap tidak populer di kalangan masyarakat Rohingya dan pengeritik telah meningkatkan keprihatinan mengenai kemampuan pulau itu untuk menghadapi badai selama musim hujan, kata Kantor Berita Myanmar, MIZZIMA.

Pemimpin Komite Kabinet Bangladesh mengenai Hukum dan Ketenangan dan menteri senior pemerintah, mengatakan pemindahan itu akan berlangsung sebagaimana direncanakan.

Baca juga: PBB Desak Bangladesh Tetap Buka Pintu untuk Pengungsi Rohingya

"Kami berencana memulai proses tersebut bulan depan, sebab pembangunan di Bhashan Char sekarang telah selesai," katanya.

Kamal Hossain, Administratur Pemerintah di Kabupaten Cox Bazar --tempat kamp besar Rohingya berada, mengatakan mereka "sedang menyiapkan daftar pengungsi yang secara sukarela akan dipindahkan ke pulau tersebut".

Share :
Komentar :

Terkait

Read More