Forgot Password Register

Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Lambat karena Perang Dagang

Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Lambat karena Perang Dagang Ilustrasi uang. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Bank Dunia mengatakan, pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan melambat menjadi 2,9 persen pada 2019 dibandingkan angka 3 persen pada 2018. Pernyataan tersebut mengutip tingginya ketegangan perdagangan dan laju sedang perdagangan internasional.

"Pada awal 2018 ekonomi dunia menguat, namun kehilangan lajunya saat tahun berjalan dan bisa lebih sulit pada tahun depan," kata CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva dalam laporan semitahunan Prospek Ekonomi Dunia di http://www.worldbank.org/en/news/press-release/2019/01/08/darkening-prospects-global-economy-to-slow-to-29-percent-in-2019-as-trade-investment-weaken.

Baca juga: Kata Sri Mulyani Robot yang Bekerja Juga Harus Bayar Pajak

Pandangan Bank Dunia tersebut diungkapkan saat Amerika Serikat (AS) dan China terlibat perselisihan perdagangan yang mengguncang pasar keuangan dunia selama beberapa bulan.

Kedua raksasa ekonomi dunia tersebut saling menerapkan sanksi atas produk masing-masing, meskipun telah ada tanda kemajuan pada Selasa saat kedua negara bersiap memasuki hari ketiga pembicaraan di Beijing.

Baca juga: Total Transaksi e-Money Capai Rp13,4 Triliun, Sayonara Uang Tunai

Pertumbuhan di AS kemungkinan melambat menjadi 2,5 persen tahun ini dibandingkan 2,9 persen pada 2018, sementara China diperkirakan tumbuh pada titik 6,2 persen dibandingkan 6,5 persen pada 2018, menurut laporan Bank Dunia.

Pasar ekonomi berkembang diperkirakan tumbuh di 4,2 persen tahun ini, dengan ekonomi maju diperkirakan tumbuh 2 persen, kata Bank Dunia dalam laporannya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More