Forgot Password Register

Bank Indonesia Sangkal Penarikan Investasi Agar Suku Bunga Naik

Bank Indonesia Sangkal Penarikan Investasi Agar Suku Bunga Naik Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo. (Foto: Pantau.com/Ratih Pratiska)

Pantau.com - Gubernur Bank Indonesia menyangkal bahwa penarikan Investasi oleh investor asing bertujuan agar Bank Indonesia menaikkan suku bunga. Ia menilai investor yang menarik investasinya memang melihat pasar obligasi AS yang dianggap meningkat.

"Itu nggak betul, kalau investor itu ada yang keluar dari pasar modal atau Surat Berharga Negara (SBN) tentu ada perhitungan mereka terkait return yang mereka inginkan," ujarnya saat ditemui wartawan di Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (27/4/2018).

"Kalau pada saat mereka masuk ke Indonesia, kondisi daripada SBN yang dimiliki, kemudian mereka masuk dengan harga berapa, kemudian mereka punya perkiraan bahwa yield US treasuary naik terus dan akan mengancam investasi mereka, itu mereka bisa mengambil kebijakan sendiri," imbuhnya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengamatan BI sebagian besar dari Investor jangka panjang masing bertahan. Ia memastikan pihaknya akan menjaga agar para investor mendapatkan hasil investasi yang baik.

"Berdasarkan pengamatan BI, semua sebagian besar dari investor yang long term yang bukan tujuannya untuk mencari manfaat jangka pendek, itu mereka masih stay dan hitungannya mereka masih masuk dan BI akan jaga supaya mereka yang sudah ada di sini bisa menikmati return yang baik," paparnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini selisih surat utang negara dengan obligasi AS dinilai masih baik.

"Kita melihat selisih antara US treasury yield dengan SBN dan kelihatan bahwa spread-nya masih baik," katanya.

"Apalagi didukung dengan prospek ekonomi Indonesia yang baik, kita juga lihat gimana komit pemerintah terus lakukan reformasi, Kementerian keuangan terus lakukan fiskal reformasi dan BI lakukan reformasi," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More