Pantau Flash
13 Aliran Kepercayaan Sesat Tumbuh di Bekasi
PSSI Tak Tahu Keberadaan Simon McMenemy saat Ini
DPR RI pada BI: Jangan Sampai Penggunaan Uang Digital Jadi Money Creation
Timnas U-22 Indonesia Ditahan Iran 1-1
Agus Rahardjo: OTT KPK adalah Bukti Tak Ada Sinergi antara Polri-Kejaksaan

Bawa Wanita ke Kokpit, Pilot Maskapai China Dilarang Terbang Seumur Hidup

Bawa Wanita ke Kokpit, Pilot Maskapai China Dilarang Terbang Seumur Hidup Seorang wanita yang diketahui mahasiswa kursus pramugari di Universitas Pariwisata Guilin berfoto di dalam kokpit pesawat. (Foto: CNN)

Pantau.com - Eksekutif senior sebuah maskapai China harus menerima ganjaran hukuman setelah salah satu pilotnya mengizinkan seorang wanita muda memasuki kokpit pesawat di tengah penerbangan. Aksi itu disebut bisa memicu kekhawatiran tentang keselamatan penerbangan.

Menurut dokumen internal maskapai yang diperoleh oleh Beijing Youth Daily, Ketua, manajer umum, dan direktur keselamatan maskapai Air Guilin merupakan para eksekutif yang menerima pemotongan gaji dan surat peringatan atas peristiwa yang menimbulkan kontroversi tersebut.  

Baca juga: Video Aksi Gila Pilot Pesawat Tempur Pamer Skill di Depan Jurnalis Foto

Kontroversi dimulai ketika seorang blogger penerbangan Cina melihat foto seorang wanita yang duduk dikursi pilot selama penerbangan. Foto itu diposting oleh wanita itu sendiri dan beredar di media sosial Cina.

Pihak maskapai kemudian mengumumkan penangguhan pilot yang dalam pesawat itu dari tugas terbang seumur hidup. Juga dilakukan penyelidikan atas insiden itu.

Melansir dari CNN, pilot itu dilaporkan menjalin hubungan dengan wanita tersebut yang diketahui adalah mahasiswa kursus pramugari di Universitas Pariwisata Guilin, menurut Global Times.

Baca juga: Maskapai India Jadi Pembeli Terbanyak Tipe A320Neo

Pelarangan terbang untuk pilot itu ternyata tak cukup meredakan kontroversi yang terjadi. Karenanya Xu Xin, CEO maskapai itu, memberi peringatan serius dengan pemotongan gaji tiga bulan kepada para eksekutif senior.

Manajer umum Qu Taoji menerima peringatan besar itu dan penurunan pangkat ke tingkat manajemen yang lebih rendah.

Tim Pantau
Editor
Lilis Varwati
Penulis
Lilis Varwati
Category
Internasional

Berita Terkait: