Forgot Password Register

Bekerja Saat Cuti Bersama Lebaran, PNS Boleh Ambil Libur Hari Lain

Bekerja Saat Cuti Bersama Lebaran, PNS Boleh Ambil Libur Hari Lain Jumpa pers terkait libur lebaran (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Asman Abnur, mengatakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tetap menjalankan pelayanan publik saat cuti bersama, diperbolehkan mengambil cuti di hari lain tanpa mengurangi jatah cuti tahunan.

"Untuk PNS ya, itu sudah diatur dalam PP 33 tahun 2011. Jadi hak cuti bersama pada saat dia di pelayanan publik pada hari cuti bersama itu, tidak mengurangi hak cuti. Hak cutinya bisa diambil hari lain," ujarnya saat jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018).

Baca juga: Pemerintah Putuskan Cuti Bersama Lebaran Tetap 7 Hari

Asman menambahkan, aturan tersebut akan disosialisasikan melalui surat edaran kepada kementerian dan lembaga terkait. Sedangkan untuk keputusan pelaksanaan libur Lebaran dan cuti bersama bagi PNS akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Kepres).

"Surat edaran berikutnya akan kami buatkan untuk aturan ini, cuti bersama ini akan ditetapkan melalui Kepres," ujarnya.

Baca juga: Cuti Lebaran Ditambah, Ini Pengaruhnya untuk Kegiatan Ekonomi

Seperti diketahui, penambahan cuti bersama yang semula hanya empat hari yakni tanggal 12, 13, 14, dan 18 Juni. Melaui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri ditambah menjadi tujuh hari, yakni dimulai 11, 12, 13, 14, 18, 19, 20 Juni.

Namun untuk PNS nantinya keputusan tersebut akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden. Penetapan cuti bersama atau libur Lebaran ini dibuat dengan mengasumsikan Idul Fitri jatuh pada 15-16 Juni 2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More