Forgot Password Register

Bekraf: Indonesia Jadi Pemain Internasional Produk Kreatif

Bekraf: Indonesia Jadi Pemain Internasional Produk Kreatif Produk UMKM Indonesia (Foto: Instagram/piranti.semarang)

Pantau.com - Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Joseph Pesik menyatakan Indonesia berpotensi untuk menjadi pemain internasional utama dalam hal kekayaan intelektual dari produk kreatif di tingkat global.

"Proyeksinya, Indonesia menjadi pemain internasional dalam 'intelectual property' (IP) ekonomi kreatif," kata Ricky Pesik di Jakarta, Senin.

Untuk itu, ujar dia, berbagai pemangku kepentingan sektor ekonomi kreatif juga diharapkan dapat membuka jaringan agar pemasaran kekayaan intelektual produk hasil karya kreativitas Indonesia bisa menambah nilai ekonominya, baik di pasar nasional maupun pasar mancanegara.

Baca juga: Pembangunan Infrastruktur Jokowi Diklaim Pengaruhi Ekonomi Nasional

Ricky mengungkapkan bahwa saat ini, dominasi kontribusi ekonomi kreatif terbesar Nusantara terletak di tiga bidang, yaitu kuliner atau makanan, kriya atau kerajinan, dan fesyen atau adibusana.

"Ketiganya berbasis kepada kekuatan produksi, yang artinya peningkatan nilai tambah juga terletak pada kekuatan lini produksinya," paparnya.

Ia menginginkan ke depannya agar pelaku usaha sektor ekonomi kreatif nasional bisa dapat melipatgandakan nilai ekonomi dari produk kreativitas mereka tanpa perlu mengandalkan kepada kekuatan produksinya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More