Forgot Password Register

Benarkah Campuran Baking Soda dan Madu Bisa Sembuhkan Kanker?

Benarkah Campuran Baking Soda dan Madu Bisa Sembuhkan Kanker? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Banyak beredar ramuan yang tercampur aneka bahan alami disebut dapat menyembuhkan kanker, sama halnya seperti campuran baking soda dan madu, apakah benar?.

Baca juga: Ini Nasehat dari Pejuang Kanker untuk Ani Yudhoyono Agar Lekas Sehat

Faktanya informasi-informasi seperti itu memang banyak beredar di masyarakat, dan sayangnya memang belum ada penelitian dari para ahli termasuk dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang penelitiannya memang terbatas.

"Teori begitu sih banyak, tapi semuanya butuh penelitian dulu jangan gosip doang," ujar Prof. Dr. Andrijono SpOG(K) dari Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) di Kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).

Beruntungnya kedua kandungan itu dijelaskan Prof. Andrijono tidaklah berbahaya, termasuk diantaranya baking soda yang memang digunakan untuk membuat kue, dan ternyata juga ampuh membersihkan bakteri dan kuman.

"Baking soda sering kita pakai buat bikin kue juga, sekarang kalau makan anggur (atau buah), bersihin kompor bisa pakai itu. Jadi supaya racun-racun itu dibersihin hilang sama dia (baking soda)," paparnya.

Baca juga: Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

Kendati banyak yang percaya baking soda dapat mengobati dan membersihkan kanker, tapi Prof.Andrijono mengatakan itu tidak bisa, terlebih lagi-lagi belum ada uji coba dan penelitiannya.

"Tidak bisa (menghilangkan kanker), dan enggak tau (mengobati atau tidak) belum ada penelitiannya," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More