Pantau Flash
Sesmenpora: Tidak Mungkin Indonesia Juara Umum Sea Games
Parah! Oknum Satpol PP Bobol Bank DKI Sejak Mei dengan Kerugian Rp32 Miliar
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri
Catat! Ada Denda Rp300 Ribu Jika Anda ‘Ngasal’ Kendarai GrabWheels

Benarkah Kehidupan Modern Ciptakan Generasi yang Lemah?

Benarkah Kehidupan Modern Ciptakan Generasi yang Lemah? Ilustrasi. (Foto: iStock)

Pantau.com - Anak-anak jaman sekarang lebih banyak duduk sambil menonton televisi, bermain game atau berselancar di media sosial. Penelitian menyebutkan, kehidupan modern saat ini menghasilkan generasi yang semakin lemah.

Seperti diberitakan Guardian, riset mengungkapkan bahwa anak-anak generasi saat ini menjadi lebih lemah, kurang berotot dan tidak bisa melakukan tugas fisik daripada generasi sebelumnya yang bisa melakukannya dengan mudah.

Penemuan itu dipublikasikan dalam jurnal kesehatan "Acta Paediatrica". Hasilnya mengubah pandangan baru mengenai dampak kesehatan anak-anak yang disebabkan oleh pergeseran dari kegiatan luar ruangan.

Baca Juga: Generasi Alpha akan Menghadapi Tantangan yang Besar di Masa Depan

Studi itu dipimpin oleh Dr Gavin Sandercock, seorang pakar kebugaran anak-anak di Universitas Essex. Penelitian itu mempelajari seberapa kuat sekumpulan 315 anak Essex berusia 10 tahun pada tahun 2008 dibandingkan dengan 309 anak berusia sama di tahun 1998.

Mereka menemukan bahwa jumlah "aktivitas" yang dilakukan anak-anak usia 10 tahun menurun 27.1% antara tahun 1998 dan 2008. Kekuatan lengan menurun 26% dan kekuatan cengkeraman menurun 7%. Sementara, satu dari 20 anak tahun 1998 tidak bisa menahan berat badan mereka sendiri saat bergelantung di palang dinding, sedangkan generasi 2008 satu dari 10 anak tidak melakukannya.

Riset sebelumnya sudah menunjukkan bahwa anak-anak menjadi lebih tidak sehat, kurang aktif dan lebih banyak duduk dan dalam banyak kasus, lebih obesitas daripada generasi sebelumnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Manusia Bisa Menjadi Tua

Tetapi, penelitian baru juga menemukan bahwa anak-anak tahun 2008 memiliki indeks masa tubuh (body mass index/BMI) sebagaimana mereka satu dekade sebelumnya. Pemimpin penelitian Daniel Cohen, dari London Meropolitan University, mengatakan ini berarti bahwa, penurunan kekuatan mereka, tubuh dari kelompok tes terbaru cenderung mengandung lebih banyak lemak dan sedikit otot daripada pendahulu mereka.

Para peneliti meminta peran dari orang tua dan pendidik untuk mulai membimbing anak-anak mereka agar mau terlibat dalam aktivitas organisasi luar ruangan supaya terbentuk pribadi yang lebih kuat atau setidaknya sama dengan generasi mereka.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - NPW
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: