Forgot Password Register

Benarkah Wanita Lebih Memilih Pria yang Mirip dengan Saudaranya?

Benarkah Wanita Lebih Memilih Pria yang Mirip dengan Saudaranya? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Manusia adalah makhluk sosial. Adalah sifat kita untuk mendambakan kasih sayang pasangan dan anggota keluarga kita, dan untuk mengembalikan kasih sayang itu dalam bentuk baik.

Penelitian baru dari psikolog di Inggris menunjukkan bahwa hubungan keluarga dan apa yang kita cari dalam pasangan kita saling terkait lebih dari yang kita bayangkan.

Tamsin Saxton dari Universitas Northumbria bertanya-tanya apakah wanita cenderung memilih pasangan pria yang mirip saudara mereka sendiri. Ternyata ini sama anehnya dengan teori yang mungkin terdengar.

Baca juga: Aturan Mengkonsumsi Nanas Bagi Ibu Hamil

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kita lebih ramah terhadap anggota keluarga yang berhubungan erat dengan kita, dan keterkaitan antara anggota keluarga. Ini berarti bahwa manusia, seperti dan organisme reproduksi seksual lainnya, memiliki masalah dalam menemukan pasangan yang secara genetis serupa namun tidak terlalu mirip.

Efek Westermarck yang terkenal mencegah kita untuk mengembangkan ketertarikan seksual kepada saudara kandung kita. Jika kita tumbuh dengan orang lain di rumah yang sama, kita cenderung menemukan gagasan hubungan seksual dengan orang itu sangat tidak enak hati. Orang-orang ini biasanya adalah saudara kandung atau kerabat dekat lainnya. Tapi apakah kita menemukan diri kita tertarik pada pasangan potensial yang kita kenal bukan saudara kita, tapi tetap saja terlihat seperti mereka? Itulah yang Saxton coba cari tahu.

Hasil penelitian yang dilakukan Saxton menunjukkan bahwa wanita tidak memilih pasangan pria yang terlihat tidak bisa dibedakan dari saudara laki-laki mereka, namun ada kemiripan keluarga antara ipar laki-laki di atas dan di luar apa yang akan kita harapkan secara kebetulan.

Namun, masih belum jelas apakah wanita lebih memilih pria yang merupakan peniru saudara laki-laki mereka, atau jika mereka memiliki pasangan yang mirip saudara laki-laki untuk alasan lain.

Misalnya, mungkin wanita dari latar belakang sosioekonomi tertentu cenderung memilih pasangan dari latar belakang yang sama. Hal ini bisa menjelaskan hasilnya jika orang dari latar belakang yang sama kebetulan terlihat serupa.

Kamu mungkin juga bertanya-tanya apakah kita akan menemukan efek yang sama pada pria? Apakah pria memilih pasangan wanita yang mirip dengan saudara perempuan mereka?

Saxton dan rekan-rekannya berspekulasi bahwa ini mungkin terjadi, dan efeknya bahkan mungkin lebih kuat lagi daripada yang mereka amati untuk wanita.

Baca juga: Kebiasaan Sepele Ini yang Sebabkan Perut Buncit

"Pria mungkin menemukan kemiripan saudaranya yang kurang suka dengan wanita, dan ini dapat dijelaskan oleh investasi reproduksi laki-laki yang lebih rendah dan karenanya menurunkan risiko pada pasangan yang tidak optimal."

"Dengan kata lain, wanita harus membawa bayi untuk jangka waktu dan kemudian cenderung mengambil bagian terbesar dari tugas mengasuh anak, sementara pria lebih cenderung untuk meninggalkan keturunan mereka. Jadi, laki-laki memiliki risiko untuk tidak dikawinkan dengan orang yang sangat dekat," pungkasnya seperti dilansir dari Daily Mail.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More