Forgot Password Register

Benarkah Yoga Bisa Turunkan Berat Badan?

ilustrasu Yoga (Pixabay) ilustrasu Yoga (Pixabay)

Pantau.com - Mempunyai badan ideal memang menjadi dambaan setiap orang. Bahkan, tak jarang seseorang rela melakukan berbagai cara agar bisa menurunkan berat badannya hingga mencapai titik yang diinginkan.

Para ahli menilai faktor pertama untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi jumlah kalori, di mana jumlah kalori yang masuk harus lebih sedikit dari pada kalori yang dibuang.

Sementara gerakan-gerakan tertentu pada yoga (yoga asana) pada umumnya hanya membakar sebagian kecil dari kalori di dalam tubuh, dibandingkan dengan latihan olahraga lainnya seperti gym, kardio, dan lain-lain.

Boldsky.com melansir, gerakan yoga asana (posisi duduk rileks) tidak membantu menurunkan berat badan secara signifikan, maka berbeda dengan power yoga (gerakan yoga yang penuh semangat dan dapat mengeluarkan banyak energi). 

Seseorang kadang memiliki kebiasaan makan lebih banyak saat mengalami stres. Di sini yoga dapat berperan besar, karena yoga dikenal dapat memberikan rangsangan mental dan mengurangi tingkat stres seseorang, sehingga dapat membantu menghindari masalah makan berlebih karena stres.

Sedangkan untuk menurunkan berat badan kita perlu memiliki metabolisme yang baik. Yoga membuat orang menyadari akan tubuh dan diet. Anda akan memilih makanan yang membuat anda merasa lebih energik daripada makanan yang membuat anda lamban, dan hal ini akan membantu memperbaiki metabolisme anda ke depannya.

Baca juga: Orangtua Jangan Lagi Larang Anak Makan Es Krim

Tidak hanya itu, yoga juga membantu anda menyadari apa yang terbaik bagi tubuh anda dan bagaimana cara anda memperlakukannya. Memperlakukan tubuh dengan tepat, seperti makan pada saat lapar bukan karena waktunya makan dan berhenti melakukan kebiasaan makan berlebih.

Hal itu sangat penting untuk dilakukan ketika anda ingin menurunkan berat badan, dan sesi yoga harian dapat membantu anda mencapai kesadaran diri tersebut secara efektif.

Keteraturan melakukan sesi latihan merupakan faktor penting jika ingin menurunkan berat badan. Setidaknya lakukan power yoga 4 hingga 5 kali seminggu. Anda tidak boleh lalai, agar anda dapat melihat hasil yang signifikan.

Jika ingin mencari cara menurunkan berat badan melalui yoga, maka anda harus bersabar. Karena yoga mempengaruhi tubuh dalam jangka waktu tertentu dan hasilnya pun tidak dapat dilihat dalam waktu semalam.

Dibandingkan dengan laithan lainnya seperti gym dan kardio, yang dapat memberikan hasil secara lebih cepat, namun mereka tidak memberikan relaksasi mental seperti yang dilakukan yoga.

Namun jika anda mengkombinasikan antara latihan tradisional tersebut dengan yoga, maka akan menjadi laithan yang sempurna untuk menurunkan berat badan secara efisien. Tidak ada kombinasi yang lebih baik daripada ini, secara fisik membuat anda lelah namun juga menenangkan pikiran anda di saat bersamaan.  

Share :
Komentar :

Terkait

Read More