Forgot Password Register

Bentrok dengan Kanselir Merkel Soal Imigran, Mendagri Jerman Mengundurkan Diri

Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer. (Foto: Reuters/Michaela Rehle) Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer. (Foto: Reuters/Michaela Rehle)

Pantau.com - Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer mundur dari jabatannya dalam pemerintahan Kanselir Angela Merkel. Hal itu dilakukan setelah beda pendapat soal program imigrasi.

Mengutip Reuters, Senin (2/7/2018), Seehofer mengatakan dia siap untuk mundur sebagai menteri dan ketua Christian Social Union (CSU) pada pertemuan di mana kepemimpinan partainya sedang membahas apakah akan menerima proposal imigrasi Merkel yang dibawa kembali dari Brussels minggu lalu.

Langkah ini membuat masa depan pemerintah Merkel semakin tidak pasti, karena partai Kristen Demokrat (CDU) bergantung pada CSU konservatif Bavaria untuk mempertahankan kekuasaan melalui koalisi yang dibentuk tiga bulan lalu untuk mengakhiri kekosongan politik.

Baca juga: Memasuki Hari Sembilan, Tim Penyelam Thailand Lakukan Pencarian 12 Anak Terjebak di Gua Tham Luang

Krisis politik Jerman adalah tanda terbaru dari perpecahan yang berkembang di Uni Eropa antara mereka yang ingin mempertahankan perbatasan terbuka dan mereka yang ingin membatasi jumlah migran yang masuk blok.

Seehofer, yang telah menuntut Merkel untuk menguatkan kebijakan pengungsi, sebelumnya mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa terlepas dari langkah-langkah yang disepakati dengan para pemimpin Uni Eropa.

Awal pekan ini, para pemimpin Uni Eropa menggagalkan kesepakatan untuk membagi pengungsi secara sukarela dan menciptakan "pusat-pusat pengawasan" di dalam Uni Eropa untuk memproses permintaan suaka.

Baca juga: Veteran 'Keras Kepala' Kini Duduki Kursi Presiden Meksiko

Merkel mengatakan dalam sebuah wawancara dengan televisi ZDF bahwa perjanjian formal dan komitmen lisan yang ia dapatkan dari mitra UE-nya akan memiliki efek pemicu migrasi yang ingin dicapai CSU, tetapi dengan cara yang lebih berpusat di Eropa.

Dia mengulangi tekadnya untuk bertindak dengan cara yang tidak sepihak dan itu tidak merugikan pihak ketiga.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More