Pantau Flash
Indonesia Pimpin Klasemen ASEAN School Games 2019
Marc Klok: Saya Jamin PSM Juara Piala Indonesia 2018-2019
Harga Cabai Merah Keriting Tembus Rp100.000 per Kilogram
Satu Anggota YONIF 755 Tertembak dalam Kontak Senjata di Nduga
Kevin/Marcus Tantang Hendra/Ahsan di Final Indonesia Open 2019

Berbahaya! Jangan Bawa Tidur Eyeliner yang Masih Menempel di Mata

Berbahaya! Jangan Bawa Tidur Eyeliner yang Masih Menempel di Mata Ilustrasi eyeliner. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Perkembangan make up kini memang terbilang pesat. Area mata jadi salah satu spot favorit untuk dieksplorasi. Tapi pernahkah berpikir apa imbasnya make up terhadap kesehatan mata? Ternyata bisa menyebabkan mata kering.

Kepala Klinik Utama Mata JEC @Bekasi, Dr. Nashrul Ihsan, Spam menyebutkan hal ini terjadi apabila make up seperti eyeliner menutupi tempat keluarnya kelenjar minyak atau kelenjar miboem yang berada di kelopak bawah mata.

"Kalau minyaknya kelenjar miboem itu dia ada di tepi kelopak (bawah mata). Nah, itu ada lubang-lubang. Kalau pakai eyeliner itu pasti ngelihat putih-putih tuh, ada titik-titik putih, itu jangan ditutup sama eyelinernya. Kalau ditutup, jadi mata kering otomatis lama-kelamaan," ujar Dr.Nashrul dalam acara pembukaan Klinik Utama Mata JEC @Bekasi, di Jalan Jenderal Sudirman, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: Ini Dia Tips Menggunakan Eyeliner Putih Agar Mata Terlihat Lebih Cerah, Berani Coba?

Beruntung, kelenjar air mata tertutupi dan terletak di kelopak bagian atas sehingga memakai eyeshadow atau maskara bukan masalah besar. Kendati demikian, ia tetap menyarankan para wanita untuk tidak abai menjaga kesehatan mata.

"Makanya kalau dibawa make up jangan dibawa tidur, jangan digampangin," tuturnya.

Baca juga: Trik Penggunaan Eyeliner untuk Aneka Bentuk Mata

Selain itu, berdasarkan penuturan beberapa sumber mengatakan bahaya mata kering dapat menyebabkan peradangan pada mata, seperti kemerahan, dan rasa sakit pada mata saat berkedip.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Rifeni
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: