Forgot Password Register

Berbeda dari BPTJ, Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik H-2 dan H-3 Lebaran

Arus Mudik. (Foto: Istimewa) Arus Mudik. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Berbeda dengan prediksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ), Direktur Lalu Lintas, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto, menyebutkan bahwa puncak arus mudik lebaran 2018 terjadi pada H-2 dan H-3 lebaran meskipun saat ini cuti lebaran diperpanjang selama 10 hari.

"Gini ya, Prediksi dari pengalaman yang sudah-sudah itu, biasanya terjadi pada H-2 dan H-3. Tetapi karena tahun ini liburan panjang, prediksi kami tetap H-2 dan H-3," ujar Pandu di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6/2018).

Tak mengubah prediksi puncak arus mudik, ternyata berhasil mengurangi jumlah volume kendaraan, karena menurut Pandu kendaraan telah tersebar lebih dulu, sehingga tidak menumpuk dihari yang sama.

Baca Juga: Pengguna Motor Lebih Diminati Pemudik, Itu Lambang Keberhasilan di Ibu Kota

"Cuma mungkin volume agak menurun. Karena sudah tersebar. Mulai dari jumat orang sudah melakukan perjalanan" tuturnya.

Tersebarnya pemberangkatan pemudik ini dijelaskan Pandu lantaran masih ada sebagian besar pegawai yang tidak merasakan cuti lebaran 10 hari seperti arahan pemerintah, tapi baru bisa mendapat libur mendekati lebaran, seperti penjaga toko, pegawai restoran, atau perusahaan non formal lainnya.

"Kalau libur resmi itu kan pemerintah sama perusahaan swasta besar yg cuti bersama. Tapi utk pekerja non formal," papar Pandu.

"Nah makanya kami prediksi tetap H-2 dan h-3. Hanya kita juga sudah antisipasi hari sabtunya, yang tanggal 9 atau dari jumatnya sudah kita antisipasi," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan Pantau.com, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Heri Trisaputra menyebut tanggal Sabtu, 9 Juli 2018 merupakan hari puncak mudik lebaran 2018, hal ini berdasarkan disahkannya cuti lebaran sama 10 hari.

"Kalau melihat libur bersama yang cukup panjang dimana hari Senin sudah cuti bersama puncaknya adalah hari Jumat atau Sabtu tanggal 9," ujar Heri ditempat yang sama.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More