Pantau Flash
Teror Ular Kobra Mulai Masuk Apartemen Cengkareng
Menhan Prabowo Kunjungi China Bahas Kelanjutan Kerja Sama Pertahanan
Jokowi Dijadwalkan Akan Lakukan Kunjungan ke Ibu kota Baru Besok
Draft Omnibus Law Perpajakan Akan Diserahkan Pekan Ini
Puan: Omnibus Law Akan Dibahas di 2020

Berduka, Bosnia Adakan Upacara Pemakaman 86 Muslim yang Dibantai Serbia

Headline
Berduka, Bosnia Adakan Upacara Pemakaman 86 Muslim yang Dibantai Serbia Para kerabat memeriksa peti-peti jenazah yang disiapkan untuk pemakaman di Potocari dekat Srebrenica, Bosnia, Rabu, 10 Juli 2019 (Foto: AP)

Pantau.com - Ribuan orang menghadiri upacara pemakaman 86 Muslim yang dibunuh oleh Serbia, di Bosnia barat laut. Pembantaian Itu adalah salah satu kekejian terburuk dalam perang di negara itu yang berlangsung 1992-1995.

Para kerabat korban, pemuka agama, dan tamu-tamu lainnya berkumpul hari Sabtu (20 Juli 2019) di sebuah stadion sepak bola dekat Kota Prijedor. Mereka berdiri dengan khidmat di belakang peti-peti yang ditutupi kain hijau.

Baca juga: Masih Tak Percaya, Jutaan Orang Nilai Pendaratan di Bulan 1969 Adalah Hoaks

Para korban berusia antara 19 sampai 61. Mereka termasuk 200 Muslim Bosnia dan Kroasia dari Prijedor yang dieksekusi pada Agustus 1992 di sebuah tebing di gunung Vlasic yang dikenal sebagai Koricanske Stijene.

Mahkamah kejahatan perang PBB telah menghukum beberapa mantan polisi Serbia Bosnia atas pembantaian itu. Lebih dari 3.000 non-Serbia tewas di Prijedor semasa perang.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Internasional