Forgot Password Register

Berjalan Alot, Pemerintah Belum Putuskan Definisi Terorisme

Rapat Perumusan RUU Terorisme (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi) Rapat Perumusan RUU Terorisme (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Pemerintah yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan Hukum dan Nasional Kementerian Hukum dan HAM (BPHN Kemenkum HAM) Prof Enny Nurbaningsih belum memutuskan definisi terorisme yang selama ini menjadi polemik di RUU Terorisme. Namun menurut Enny, pihaknya akan segera membawa dua usulan definisi alternatif RUU DPR dalam rapat kerja yang akan digelar Kamis, 24 Mei 2018.

Dalam rapat tersebut beberapa pimpinan pemerintah seperti Kapolri, Menteri Hukum dan HAM, Panglima TNI, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) rencananya akan ikut hadir di rapat yang akan digelar di Gedung DPR RI itu.

Enny mengatakan, pihaknya tidak bisa mengambil keputusan lantaran pemegang Surat Presiden (Supres) berada ditangan Menteri Hukum dan HAM, sehingga akan dibawa ke raker, sebelum akhirnya dilimpahkan ke rapat paripurna.

Baca juga: Ketua Pansus RUU Terorisme Minta Kapolri Hadiri Rapat

"Saya usulkan ini langsung dibawa ke raker, karena keputusan bukan dari kami, tapi kami minta untuk dibawa raker saja dulu, sehingga kita bisa putus dengan jadwal di Paripurna," ujar Enny di akhir rapat perumusan RUU Terorisme, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Untuk diketahui, sebelumnya pemerintah bersikukuh enggan adanya pembahasan tentang definisi teroris karena dikhawatirkan dapat menghambat jalannya penegakan hukum, terlebih definisi harus menjelaskan adanya tujuan ideologi, politik, dan ancaman terhadap negara.

Namun dalam rapat hari ini yang berlangsung alot, akhirnya Enny tetap menambahkan frase adanya motif ideologi, politik, dan gangguan keamanan sebagai alternatif definisi pertama, tapi tanpa menghilangkan definisi alternatif kedua yang tidak menggunakan frase motif ideologi, politik, dan gangguan keamanan negara.

Baca juga: Moeldoko Jelaskan Peran Vital Pasukan Elite TNI, Koopssusgab

Adapun bunyi kedua definisi alternatif sebagai berikut:

Definisi Terorisme Alternatif Pertama 

'Terorisme adalah perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas yang dapat menimbulkan korban bersifat massal, dan atau mengakibatkan kerusakan atau kehancuran terhadap obyek-obyek vital yang stategis, lingkungan hidup, fasilitas publik, atau fasilitas internasional'. 

Definisi Terorisme Alternatif Kedua

'Terorisme adalah perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas yang dapat menimbulkan korban bersifat massal, dan atau mengakibatkan kerusakan atau kehancuran terhadap obyek-obyek vital yang stategis, lingkungan hidup, fasilitas publik, atau fasilitas internasional dengan motif ideologi, politik, atau gangguan keamanan'.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More