Forgot Password Register

Headlines

Berkaca dari Brazil dan Turki, Indonesia adalah Sasaran Empuk Investor

Berkaca dari Brazil dan Turki, Indonesia adalah Sasaran Empuk Investor Kawasan tambang Freeport (Foto: Instagram/Kesdm)

Pantau.com - Kondisi politik negara seringkali menjadi pertimbangan bagi investor untuk menyimpan dananya. Kendati demikian, pergantian presiden di Indonesia yang sudah di depan mata dianggap investor cukup terkendali. 

Panel Ahli Katadata Insight Center (KIC), Wahyu Prasetyawan menilai pesta politik yang terjadi di Indonesia dianggap lebih aman oleh investor, ketimbang di beberapa negara emerging lain. 

"Kita ngomongnya ke emerging market, di Indonesia dengan negara-negara sejenis kayak Brazil, Turki, Indonesia itu sekarang jadi tempat yang menarik kalau menurut saya," ujarnya dalam sebuah diskusi di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019).

Baca jadi: Kamu Salah Tebak! China Rupanya Masih Berstatus Negara Berkembang

Lebih lanjut kata dia, jika pesta demokrasi kali ini dapat diselesaikan dengan baik maka kepercayaan investor juga akan kian tinggi. Sebab kondusifitas politik juga menjadi salah satu poin utama bagi iklim investasi.

"Apalagi kalau kita bisa selesaikan hajatan politik ini enggak ada ribut-ribut artinya orang kan melihat Indonesia bisa baik, politikal kompetisi dengan baik akan dapat kredit yang baik dari investor," katanya. 

"Karena investor kan tanam uang ya, mereka nggak mau tanam uang yang banyak kerusuhan, gampangnya begitu kira-kira," imbuhnya.

Baca jadi: Baca! Fakta Angka Kemiskinan Era Jokowi vs Susilo Bambang Yudhoyono

Sebelumnya, Katadata Isight Center (KCI) mencatat Indeks Kepercayaan Investor terhadap Pemerintah (IKIP) di Kuartal I-2019. Hasil survei dilakukan kepada 255 investor yang mengelola dana lebih dari Rp700 triliun. 

Posisi indeks kepercayaan investor pada kuartal pertama 2019 berada dilevel 172,1. Angka ini meningkat dibandingkan kuartal IV pada tahun lalu yang berada di level 156,2.

"Angka di atas 100 persen menggambarkan mayoritas investor di pasar finansial memberikan penilaian yang baik terhadap kinerja pemerintah saat ini," terangnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More