Forgot Password Register

Headlines

Berstatus Tersangka, Ini Alasan Polisi Tidak Lakukan Penahanan ke Habib Bahar

Berstatus Tersangka, Ini Alasan Polisi Tidak Lakukan Penahanan ke Habib Bahar Habib Bahar bin Smith (Tengah) (Foto:Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Polisi telah menetapakan Habib Bahar bin Smith sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian. Namun polisi tidak langsung melakukan penahanan Habib Bahar karena bersikap kooperatif.

Kuasa hukum Habib Bahar bin Smith, Azis Yanuar mengatakan dalam pemeriksaan selama kurang lebih sebelas jam, penyidik tak melakukan penahanan terhada kliennya itu.

Baca juga: Diperiksa 11 Jam, Polisi Tetapkan Habib Bahar bin Smith Sebagai Tersangka

"Alhamdulillah, belum penahanan," kata Azis di Bareskrim Polri, Kamis, 6 Desember 2018.

Tak dilakukan penahanan terhadap kliennya itu, kata Aziz, lantaran penyidik memiliki tiga alasan. Ketiga alasan itu yakni tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti, dan bersikap kooperatif selama menjalani pemeriksaan.

"Habib tidak ada respon yang bagaimana-bagaimana. Karena kooperatif dan bersedia bertanggungjawab dengan perbuatannya," singkat Aziz.

Diberitakan sebelumnya, Pendakwah sekaligus tokoh Front Pembela Islam (FPI) Habib Bahar bin Smith ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus ujaran kebencian terhadap Presiden Jokowi dalam ceramahnya beberapa waktu lalu.

Penetapan tersangka itu setelah polisi memeriksa selama kurang lebih sebelas jam. Selain itu, dalam pemeriksaan tim penyidik melontarkan sebanyak 29 pertanyaan kepada Habib Smith terkait kasus tersebut.

Baca juga: Diperiksa Polisi, Habib Bahar Didampingi Puluhan Pengacara

Habib Bahar bin Smith disangkakan melanggar Pasal UU Nomor 1 Tahun 1946 KUHP Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE, Pasal 207 KUHP, Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 dan Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2).

Share :
Komentar :

Terkait

Read More