Forgot Password Register

Bertemu Presiden Myanmar, Jokowi Dorong Perdamaian di Rakhine

Presiden Joko Widodo (Foto: Antara/Wahyu Putro) Presiden Joko Widodo (Foto: Antara/Wahyu Putro)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo menekankan terciptanya perdamaian di Rakhine saat bertemu dengan Presiden Republik Persatuan Myanmar Win Myint.

"Kepentingan Indonesia hanya satu, melihat Rakhine State stabil dan damai di mana masyarakatnya termasuk masyarakat Muslim dapat hidup dengan damai," kata Presiden Joko Widodo di Ruang Bilateral 1, Hotel Shangri-La, Singapura, Jumat (27/4/2018).

Baca juga: Jokowi Beri Ucapan Selamat kepada Presiden Baru Myanmar

Jokowi menegaskan, kesiapan Indonesia untuk terus mendorong terciptanya perdamaian itu, utamanya terkait pemulangan pengungsi dari Coxs Bazar ke Rakhine State secara sukarela, aman dan terhormat. Jokowi juga menyinggung mengenai mulai masuknya pengungsi Rakhine State ke Indonesia.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan perkenalan Presiden Myanmar yang baru sekaligus mengawali agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi di Singapura.

Baca juga: Mengulik Gaya Komunikasi Politik Jokowi Saat Diserang Kampanye Negatif

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan hubungan baik kedua negara yang sudah terjalin dengan baik dalam waktu yang cukup lama. "Saya berharap persahabatan ini dapat membawa kebaikan bagi masyarakat kita, bagi kawasan kita, dan bagi dunia," ucap Jokowi.

Di awal pertemuan, Jokowi tak lupa mengundang Presiden Myint untuk hadir dalam ASEAN Leaders Gathering di Bali, 11 Oktober 2018.

Jokowi menjelaskan, pertemuan tersebut ditujukan untuk menunjukkan kerja sama yang solid dan kepemimpinan ASEAN dalam mengelola pertumbuhan ekonomi untuk menciptakan kesejahteraan yang lebih baik, kesetaraan, dan pencapaian SDGs.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More