Pantau Flash
Sainsbury Akan Stop Berjualan Kembang Api
Timnas Panahan 'Downgrade' Target Medali di SEA Games 2019
Pertumbuhan Ekonomi China di Kuartal ke-3 Meleset dari Ekspektasi
Kementan Dorong Penambahan Satu Juta Petani Milenials
Pemkab Bekasi Minta Proyek LRT Diperpanjang hingga Cikarang

BI Fasilitasi UMKM Temu Bisnis dan Konsultasi Bisnis Dongkrak Ekspor

BI Fasilitasi UMKM Temu Bisnis dan Konsultasi Bisnis Dongkrak Ekspor Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia cukup pesat perkembangannya. Namun ternyata masih cukup kecil jumlah yang dapat menjangkau pasar ekspor. 

Menanggapi hal tersebut, Bank Indonesia memberikan fasilitasi business matching (temu bisnis) dan business coaching (konsultasi bisnis) bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu tujuannya yakni untuk mengembangkan kapasitas bisnis dan memperluas akses pasar UMKM.

"Saat ini binaan BI yang sudah ekspor ada 91 UMKM dan kami menyiapkan sisanya agar siap ekspor," ujar Kepala Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia Budi Hanoto, dalam jumpa pers yang digelar di Gedung BI Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).

Baca juga: Belum Terdaftar di IG, Kopi Gayo RI Tak Bisa Dijual Tanpa Izin Belanda

Nantinya, kegiatan business coaching ini juga akan menyediakan informasi dan konsultasi kepada pelaku bisnis khususnya UMKM atau pun calon pelaku bisnis.

Utamanya dilakukan untuk mengembangkan bisnis melalui kegiatan ekspor, memberi kemudahan bagi pelaku UMKM dan mempertemukan UMKM dengan e-Commerce agar dapat melakukan perluasan akses pasar. 

"Melalui kegiatan business coaching, pelaku UMKM diharapkan mendapatkan informasi, tips/trik, dan persyaratan agar dapat mengembangkan kapasitasnya untuk memperluas bisnisnya hingga ke pasar ekspor," paparnya.

Baca juga: Teruntuk Bos dan HRD, Ini Lho 5 Alasan Pegawai Cepat Resign

Kegiatan business matching (temu bisnis) dan business coaching (konsultasi bisnis) dilakukan dalam rangkaian Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang akan kembali digelar pada 12-14 Juli 2019 di Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center.

"Prinsip acara KKI 2019 ini, yakni tiada hari tanpa peragaan busana dan kemudian untuk menangkap kemeriahan ada pesta kuliner dan kopi dan ada kegiatan integrasi di mana pengunjung bisa one stop menikmati suguhan. Dan hal transaksi ada kemudahan info belanja, pembayaran transaksi non tunai, digital," katanya.

Selain itu, dalam KKI 2019 ini juga akan diselenggarakan beberapa talkshow terkait mendorong ekspor UMKM dan mendorong UMKM untuk manfaatkan platform digital. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: