Forgot Password Register

BI 'Ramal' Inflasi Juli 2018 Terendah Tiga Tahun Terakhir

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga) Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

Pantau.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan laju inflasi selama Juli 2018 sebesar 0,23 persen secara bulanan (mtm) dan menjadi yang terendah di bulan yang sama dalam rata-rata tiga tahun terakhir.

Hal itu diungkapkan Gubernur BI Perry Warjiyo berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan bank sentral selama dua pekan awal Juli 2018.

Jika proyeksi Bank Sentral itu benar, maka inflasi tahunan di Juli 2018 tercatat sebesar 3,14 persen (year on year/yoy). Angka inflasi bulanan 0,23 persen itu lebih rendah dibandingkan inflasi Mei 2018 yang sebesar 0,59 persen (mtm).

"Inflasi Juli 2018 jauh lebih rendah rata-rata historis bulan Juli selama tiga tahun terakhir yang sebesar 0,54 persen," ujarnya, Jumat (13/7/2018).

Baca juga: Rayu Perbankan Tak Naikkan Bunga Kredit, BI Siapkan Tiga Kebijakan

Perry menyebut laju inflasi yang terkendali itu merupakan hasil koordinasi yang kuat antara Bank Sentral, pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menjaga suplai barang.

"Ini menunjukkan bahwa harga-harga terkendali dan ini juga menunjukan kuatnya kordinasi antara BI, pemerintah pusat dan pemerintah daerah di dalam tim pengendalian inflasi pusat maupun tim pengendalian inflasi daerah," tambahnya.

Baca juga: OJK Cabut Izin BPR Sambas Arta Kalbar

Bank Sentral memperkirakan inflasi hingga akhir tahun sebesar 3,6 persen (yoy).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, laju inflasi selama Juni 2018 sebesar 0,59 persen (mtm). Angka ini lebih tinggi dibandingkan Mei yang sebesar 0,21 persen (mtm), namun lebih rendah dibandingkan inflasi Juni 2017 sebesar 0,69 persen (mtm).

Share :
Komentar :

Terkait

Read More