Forgot Password Register

Bicara Perjuangan Pahlawan, Megawati Sentil Utut Adianto

Bicara Perjuangan Pahlawan, Megawati Sentil Utut Adianto Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri. (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri bercerita soal perjuangan para pahlawan Indonesia yang berperan besar dalam dunia Internasional. Khususnya dalam memperjuangkan kemerdekaan di beberapa negara di kawasan Asia dan Afrika. 

Putri Presiden Soekarno itu mengatakan, jika bangsa Indonesia harus belajar dari sejarah tersebut dan mengedepankan musyawarah dalam penyelesaian masalah.

"Saya ini ketua umum partai, dan kalau mau sombong dan arogan, itu ada Wakil Ketua DPR (Utut Adianto). Saya bilang pada Pak Utut jangan hanya terus mengatakan 'saya' mayoritas loh kepada para pimpinan DPR lain. Kalau bisa musyarawah untuk mufakat'," tutur Megawati saat menjadi pembicara di acara Seminar Memory of the World Konferensi Asia Afrika (KAA) di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).

Baca juga: Kala Megawati Soekarnoputri Ingatkan Pemilu 1977

Sementara itu, guna menjaga warisan tersebut, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah mengajukan arsip KAA sebagai bagian dari Memory of the World (MOW) UNESCO pada tahun 2016.

“Tujuannya untuk menjaga dan meiestarikan kekayaan dalam documentary heritage secara bijak karena dokumen-dokumen tersebut memiIiki nilai sejarah dan artistik yang tinggi,” ujar Kepala Pelaksana Tugas LIPI Bambang Subiyanto.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More