Forgot Password Register

Bikin Sumringah Produsen, Jaminan Harga Tingkatkan Ekspor Bawang

Pekerja membersihkan bawang hasil panen (Foto:Antara/Dedhez Anggara) Pekerja membersihkan bawang hasil panen (Foto:Antara/Dedhez Anggara)

Pantau.com - Pengamat pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori mengingatkan agar pemerintah dapat memastikan jaminan harga bawang merah yang kompetitif dan menguntungkan bagi produsen bawang merah akan meningkatkan ekspor komoditas tersebut.

"Yang penting itu jaminan harga baik bagi produsen maupun konsumen," kata Khudori Jumat (17/8/2018).

Menurut Khudori, jaminan harga bagi produsen dan eksportir merupakan hal yang penting agar mereka juga mau menanam lebih banyak sehingga produktivitas juga meningkat sehingga akan semakin banyak pula bawang merah yang bisa diekspor.

Baca juga: Tak Hanya Barang Impor, Ini yang Terjadi Jika Mata Uang Anjlok Terus

Ia berpendapat bahwa selama ini ada semacam ketidakadilan di mana bila harga komoditas melesat maka banyak yang teriak dan pemerintah segera mengintervensi, tetapi hal yang sama tidak terjadi sebaliknya.

Untuk itu, ujar dia, seharusnya pemerintah daerah terutama di sentra-sentra produksi bawang merah dapat memberikan kebijakan stabilisasi, yaitu bila harga bawang merah jatuh, maka pihak pemerintah akan membelinya dengan harga yang kompetitif sehingga produsen tidak terlalu dirugikan.

"Dengan APBD yang dimiliki pemda, maka di sentra-sentra produksi bawang merah yang dimiliki petani lokal bisa dibeli pemda dengan harga yang menguntungkan," ucapnya.

Khudori juga menuturkan pentingnya bagi pemerintah untuk dapat memperluas lahan-lahan produksi bawang merah dalam rangka mengembangkan komoditas tersebut di sejumlah daerah potensial.





Share :
Komentar :

Terkait

Read More