Forgot Password Register

Bilang Pada Nenek dan Kakekmu, Hentikan Kebiasaan Menyirih Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Mematikan Ini

Bilang Pada Nenek dan Kakekmu, Hentikan Kebiasaan Menyirih Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Mematikan Ini Ilustrasi daun sirih. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Merokok, mengunyah tembakau, mengonsumsi alkohol, virus dan pola makan dipastikan jadi pemicu lahirnya kanker mulut.

Tapi baru-baru ini yang cukup mengagetkan adalah, selain pada 2004 organisasi kesehatan dunia (WHO) melarang kegiatan menyirih, tenyata kegiatan itu juga jadi menambah risiko kanker mulut, seperti dikemukakan Jurnal Litbang Departemen Kesehatan, Kementerian Kesehatan.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan, Dokter gigi spesialis penyakit mulut Rahmi Amatha memprediksi hal itu disebabkan karena pengunyahan yang terlalu sering menyebabkan empat zat aktif (arekolidine, arekaine, guvakolin, isoguvasine) yang penting di mulut akan lepas.

Padahal sat zat-zat itu lepas, mereka akan merangsang sel-sel dalam rongga mulut dan merusaknya, sehingga menyebabkan kanker mulut.

Baca juga: Hati-hati, Kelompok Ini yang Rentan Terkena Kanker Usus Besar

"Sedangkan kalau kita kunyah itu dia akan melepaskan bahan-bahan tersebut karena air liur kita ditakdirkan ada enzim lipase amilase, proteinase. Sehingga itu mungkin membantu mengeluarkan zat-zat aktif," ujar Dokter Rahmi dalam acara diskusi media terkait kanker mulut di Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Dokter Rahmi tidak mempermasalahkan jika pinang itu dijus atau menggunakan bahan pelarut lain asal bukan alkohol dan bukan juga dikunyah dan hanya dibalut daun sirih kemudian dikunyah.

Baca juga: Jangan Sepelekan Wasir, Bisa Jadi Anda Terkena Penyakit Kanker Ini

Jadi kegiatan menyirih yang dilakukan orang tua dulu, seharusnya mulai ditinggalkan karena biasanya pinang selalu ada dalam kegiatan menyirih. Meski sebelumnya disebutkan kegiatan menyirih bagus untuk kesehatan gigi.

"Mungkin gini, kalau sirihnya doang bagus ya. Tapi karena ada pinangnya, tapi orang mengunyah pinang doang enggak ada kan, pasti biasanya barengan sama sirih. Jadi kebiasaan mengunyah sirih itu yang di-highlight (soroti) sama WHO," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More