Forgot Password Register

Bingung Kenapa lndeks Harga Rumah Tipe 21-36 Capai Angka Tertinggi, Ini penyebabnya!

Bingung Kenapa lndeks Harga Rumah Tipe 21-36 Capai Angka Tertinggi, Ini penyebabnya! Direktur Utama Bank BTN, Maryono (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatat lndeks Harga Rumah tipe kecil yaitu 21-36 sejak Januari 2014 mencapai indeks tertinggi yaitu 167,74 dibandingkan tipe 45 dan 70 yang masing-masing mencatatkan HPI sebesar 143,97 dan 141,20.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan hal ini menunjukkan bahwa permintaan rumah kecil lebih tinggi dibandingkan rumah lebih luas.

"Hal ini menggambarkan bahwa permintaan untuk rumah kecil lebih tinggi dibandingkan tipe rumah yang lebih luas, kemungkinan ini juga terkait dengan daya beli masyarakat dan permintaan dari masyarakat kelas menengah ke bawah," ujarnya saat pemaparan di Menara BTN, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018).

Baca juga: Wow! Ini 10 Provinsi dengan 'Indeks Harga Rumah' Tertinggi di Indonesia

Ia menambahkan tipe 36 dianggap paling menarik sebab memiliki ketertarikan to ggi sebab memiliki indeks harga tertinggi. 

"Lebih detail lagi bahwa tipe 36 yaitu KPR subsidi pilihan menarik saat ini karena memiliki Indeks harga tertinggi," ungkapnya.

Sebelumnya, Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. House Price Index (HPI) mencatat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi provinsi dengan pertumbuhan harga properti tertinggi di Indonesia per Juni 2018. 

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan Indeks harga properti di Kepri mencapai 215,43 atau naik 20,08 naik dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya, hal ini dipicu oleh perkembangan properti di kabupaten Batam.

"HPI di Kepulauan Riau rata-rata pertumbuhannya sebesar 20,09 persen didorong perkembangan properti di Batam yang terus meningkat seiring dengan kenaikan harga rumah. Tidak heran Batam menjadi kabupaten yang mencatatkan HPI sebesar 223,76 tertinggi kedua setelah kabupaten Jember di Jawa Timur yang mencapai 229,4," kata Maryono di Menara BTN.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More