Forgot Password Register

Bisnis Online Juga Dorong Pemulihan Sektor Industri di China

Bisnis Online Juga Dorong Pemulihan Sektor Industri di China Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Tingkat pertumbuhan pasar konsumsi China akan pulih tajam tahun ini, berkat sektor konsumsi layanan yang sedang booming, pertumbuhan konsumsi online dan ritel pintar, kata para pakar industri.

Zhao Ping, direktur departemen penelitian perdagangan internasional dari Dewan Akademi China untuk Promosi Perdagangan Internasional, mengatakan sektor konsumsi layanan yang sedang berkembang akan mendorong pertumbuhan yang stabil dari seluruh sektor konsumsi tahun ini.

Pengeluaran konsumsi layanan rata-rata nasional mencapai 2.329 yuan (USD346,7) pada kuartal pertama tahun ini, melonjak 11,9 persen tahun-ke-tahun, data dari Kementerian Perdagangan menunjukkan.

Baca juga: Waduh! Jack Ma: Staf Harus Banyak Seks dan Kerja 12 Jam Sehari

Dikutip China Daily, tingkat pertumbuhan itu 4,6 poin persentase lebih tinggi dari total rata-rata pertumbuhan pengeluaran konsumsi. Secara khusus, rata-rata konsumsi layanan makanan dan minuman melonjak 18,6 persen, rata-rata konsumsi layanan medis melonjak 15,7 persen, sementara rata-rata pengeluaran pendidikan melonjak 35,8 persen.

Sektor konsumsi online yang tumbuh cepat juga memainkan peran penting. Menurut Biro Statistik Nasional, volume penjualan ritel online nasional mencapai 2,24 triliun yuan pada kuartal pertama 2019, meningkat 15,3 persen tahun-ke-tahun.

Volume penjualan ritel komoditas fisik daring tumbuh sebesar 21 persen YoY menjadi 1,78 triliun yuan. Penjualan makanan, pakaian, dan kebutuhan sehari-hari masing-masing naik 24,6 persen, 19,1 persen, dan 21,3 persen.

"Tahun ini, laju komersialisasi 5G semakin cepat, dan pembangunan infrastruktur baru seperti kecerdasan buatan, internet industri, dan internet hal-hal terus meningkat. Investasi transportasi antarkota, logistik, dan infrastruktur kota terus meningkat," jelasnya. 

Baca juga: Pemerintah Resmi Turunkan Tarif Batas Atas Maskapai Akhiri Tiket Mahal

Pemerintah China saat ini berusaha untuk membantu perusahaan mengurangi biaya jaringan, dengan menurunkan biaya broadband perusahaan kecil dan menengah sebesar 15 persen, sementara memotong biaya rata-rata jaringan seluler lebih dari 20 persen. Lingkungan e-Commerce menjadi semakin ramah.

"Pembayaran seluler dan pembelian grup meningkatkan kualitas layanan e-commerce dan meningkatkan pengalaman konsumen, meningkatkan pengalaman konsumen, konsumsi online akan memainkan peran yang lebih signifikan dalam meningkatkan seluruh segmen konsumsi," kata Zhao.

Jiang Zengwei, mantan wakil menteri perdagangan, mengatakan inovasi dalam industri penjualan ritel juga menawarkan dukungan untuk pertumbuhan konsumsi.

"Mode bisnis baru harus menerima tantangan dari pasar, mencapai keseimbangan antara biaya dan manfaat, dan pada akhirnya membawa manfaat bagi konsumen," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More