Forgot Password Register

BNN Musnahkan 98,5 Kg Narkotika Bermodus Kiriman Paket dari Belgia

BNN musnahkan barang bukti 98,5 kilogram narkotika (Foto: Pantau.com / Dini Afrianti Efendi) BNN musnahkan barang bukti 98,5 kilogram narkotika (Foto: Pantau.com / Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan 98,5 kilogram narkotika, dengan rincian 31,62 kilogram sabu, 67,9 kilogram katinon, dan 5.576 butir ekstasi.

"Ini merupakan barang bukti dari 4 (empat) kasus tindak pidana narkotika yang diungkap BNN pada Maret sampai dengan April 2018," ujar Kepala BNN Inspektur Jenderal Heru Winarko di kantornya, di Cawang, Jakarta Timur, Rabu (30/5/2018).

Perolehan narkotika ini di dapat BNN setelah mendalami tiga kasus dengan modus operandi yang sama yakni paket kiriman melalui kantor pos yang berasal dari luar negeri, seperti Belgia.

Penangkapan berawal saat petugas mencurigai dua paket kiriman Bea Cukai asal Belgia, pada Jumat 23 Maret 2018 dengan tujuan Ancol, Jakarta Utara, dan Dumai Riau, kemudian petugas amankan pria berinisial MAT sebagai penerima paket yang ia ambil di Kantor Pos berisi 34 kilogram narkotika jenis katinon.

Dari sanalah kemudian petugas memintai keterangan MAT, petugas berpura-pura menyerahkan paket kedua di Riau dan diamankan seorang pria berinisial JA pada Senin, 26 Maret 2018.

Baca juga: Lima Mafia Narkoba Internasional Dituntut Hukuman Mati

Hari berikutnya dari keterangan JA petugas kemudian amankan pria berinisial PBD yang mendapat perintah ibunya untuk menerima paket 34 kilogram Katinon.

Masih dengan modus yang sama, kasus kedua BNN juga amankan paket asal luar negeri di Jalan Raya Parkiran Apartemen City Park Sengkareng Jakarta Barat, pada Senin, 16 April 2018 dan berhasil mengamankan tiga orang yakni JL alias CC, AY, dan LU dan ankan 2.968 butir ekstasi.

Kasus ketiga, Senin, 23 April 2018 saat petugas amankan pria berinisial N dengan penyitaan narkotika berjenis Sabu seberat 31,4 kilogram di terminal Idi Rayeuk, Jalan Raya Banda Aceh Medan.

"Diketahui aksi yang dilakukan N alas perintah dan kendali Seorang berinisial F. Petugas selanjutnya mengamankan F di sebuah rumah di daerah Dusun Damai Tanjong Minjei Kecamatan Madat, Aceh Timur," papar Heru.

"Saat pengembangan kasus, F melarikan diri dan melakukan perlawanan pada petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur oleh petugas yang menyebabkan ia meninggal dunia saat dilarikan ke rumah sakit," sambungnya.

Baca juga: Sembilan TKI Diusir dari Malaysia karena Positif Narkoba

Keempat kasus dari Belgia,dengan kiriman paket menuju Cikarang Selatan Bekasi, dan pemeriksaan X-ray menunjukkan narkoba jenis ekstasi sebanyak 25.933 butir.

Dari keempat kasus itu BNN mengamankan 12 orang tersangka, satu diantaranya meninggal dunia saat melakukan perlawanan di Aceh.

Akibat perbuatannya, 12 tersangka itu melanggar Pasal 114 ayat (2) junto Pasal 132 ayat (1), Pasal 112 ayat (2) junto. Pasal 132 ayat (1), Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More