Forgot Password Register

BNN Musnahkan Ratusan Kilogram Sabu Hasil Pengungkapan 6 Kasus

BNN Musnahkan Ratusan Kilogram Sabu Hasil Pengungkapan 6 Kasus BNN melakukan pemusnahan barang bukti ratusan kilogram sabu (Foto: Pantau.com/Rizky Adytia)

Pantau.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan narkotika jenis sabu-sabu seberat 169,68 kilogram. Ratusan kilogram sabu merupakan hasil pengungkapan enam kasus selama kurun waktu bulan Maret - April.

Kepala BNN, Komjen Heru Winarko menyebut enam kasus peredaran nakotika yang telah diungkap berlokasi di beberapa wilayah. Selain itu, dari kasus tersebut 16 orang ditetapkan sebagai tersangka yang seorang diantaranya merupakan perempuan.

Baca juga: BNN Amankan 100 Kilogram Sabu dalam Kotak Ikan di Bengkayang

"Ada 16 tersangka, satu diantaranya wanita. Lokasi dibeberapa wilayah di Indonesia," ucap Heru di Kantor BNN, Jumat (10/5/2019).

Selain itu, Heru juga menjabarkan enam kasus yang telah diungkap jajarannya itu. Pada pengungkapan pertama dilakukan di wilayah Dumai, Kepulauan Riau, pada Rabu (17/3/2019).

Dari penindakan itu, pihaknya menangkap beberapa tersangka yakni, SY, AS, AR, AT, HA dan KA. Tercatat, sedikitnya 9,8 kilogram sabu-sabu berhasil disita.

Kemudian, enam hari berselang atau pada Sabtu (23/3/2019). Dua orang kembali dibekuk yakni ZF dan MY di Pancoran Mas, Depok, dengan barang bukti 20,9 kilogram sabu-sabu.

"Kami juga mengungkap peredaran narkotika jenis sabu-sabu di Selumit Pantai, Tarakan, Kalimantan Utara, pada Rabu (3/4/2019). Satu orang berinisial R kami tangkap dengan barang bukti 1,7 kilogram yang disembunyikan di dalam jok speed boat," papar Heru.

Selanjutnya, pada Kamis, 11 April 2019, sambung Heru, tiga orang berinisial U, R, dan YUN berhasil dibekuk di wilayah jalan lintas Sumatera, Kabupaten Asahan Sumatera Utara dengan barang bukti 10 kilogram sabu-sabu.

Kemudian, lanjut Heru, pihaknya kembali menangkap tiga tersangka yang berinisial SU, SAG, dan AWI di Kecamatan Lima Puluh, Batubara, Sumatera Utara.

"Dalam kasus yang diungkap pada 12 April itu kami menyita 60 kilogram sabu-sabu," kata Heru.

Baca juga: Terlibat Narkoba, 5 Anggota BNNP Maluku Dituntut Lima Tahun Penjara

Pada pengungkapan terkahir, BNN berhasil menggagalkan peredaran 67,1 kilogram sabu di Aceh Tamiang. Pengungkapan itu berhasil dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak kepolisian Malaysia dan menetapkan seorag tersangka.

"Tersangka MN itu lari ke wilayah Malaysia dengan menggunakan speed boat. Saat ditangkap kami temukan empat tas yang disimpan di kotak penyimpanan dan berisi sabu-sabu seberat 67,1 kilogram," cetus Heru.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More