Forgot Password Register

BNPB: 3 Meninggal Dunia, 8 Luka-Luka, dan 51 Rumah Rusak Akibat Gempa Situbondo

BNPB:  3 Meninggal Dunia, 8 Luka-Luka, dan 51 Rumah Rusak Akibat Gempa Situbondo Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (Foto: Pantau.com/ Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) paparkan dampak yang terjadi akibat gempabumi berkekuatan 6,3SR di Situbondo, Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) dini hari tadi. Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak terparah terjadi di Kepulauan Sapudi.

"Kepulauan Sapudi terdampak paling parah karena paling dekat dengan pusat gempa. Hingga saat ini pendataan masih terus dilakukan," kata Sutopo dalam konferensi pers di Graha BNPB, jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (11/10/2018).

Baca juga: Situbondo Diguncang Gempa 6,4 SR, Tidak Berpotensi Tsunami

Sutopo mengungkapkan hingga saat ini terlapor korban meninggal dunia akibat gempa pagi tadi sebanyak tiga orang, sementara korban luka delapan orang. Seluruh korban luka dan meninggal dunia berasal dari Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep.

Menurut Sutopo, korban meninggal akibat terkena material bangunan yang runtuh.

"Karena terjadinya dini hari, kemungkinan masyarakat masih tidur," ucapnya.

Selain itu sejumlah bangunan dilaporkan rusak di antaranya, 51 rumah, 8 fasilitas pendidikan, 2 fasilitas kesehatan, 7 tempat ibadah, 1 toko, dan 1 kantor.

"Kerusakan yang terjadi di wilayah Sumenep, Situbondo, Jember, dan Jembrana," tambah Sutopo.

Ia menambahkan gempa bumi juga terasa hingga 22 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, 3 Kabupaten/Kota di Provinsi Bali, dan 2 Kabupaten/Kota di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hingga saat ini, lanjut Sutopo, BNPB belum menentukan status penanganan gempa bumi di Situbondo.

Baca juga: Pemprov Jatim Turun Tangan Penuhi Kebutuhan Korban Gempa di Sumenep

"Belum ada. Tapi kalau melihat dari dampak kerusakannya kayanya gak perlu (status) darurat,"ucapnya.

Diketahui gempa di Situbondo terjadi sekitar pukul 01.57 WIB dengan kekuatan 6,3SR. Lokasi episenter berada di laut yaitu 7,47 LS dan 114, 43 BT atau tepatnya berlokasi pada jarak 55 km arah timur laut Situbondo, Jawa Timur dengan kedalaman 12 km.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More