Forgot Password Register

BNPB: Lombok dalam Masa Transisi Status Darurat Menuju Pemulihan

Sejumlah warga korban gempa Lombok mulai membangun sendiri rumah sementara (Foto: Antara/ Ahmad Subaidi) Sejumlah warga korban gempa Lombok mulai membangun sendiri rumah sementara (Foto: Antara/ Ahmad Subaidi)

Pantau.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan penanganan pasca gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) masih terus dilakukan. Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan saat ini status Lombok tengah dalam masa transisi.

"Penanganan Lombok masih terus dilakukan. Lombok masih masa transisi darurat menuju pemulihan. Kita persiapan-persiapannya masih dilakukan," ujar Sutopo di Graha BNPB, jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa, 9 Oktober 2018.

Baca juga: Pemerintah Targetkan Rehabilitasi Pembangunan Gempa Lombok Rampung Akhir Tahun

Meski terkait penanganan bencana tengah terfokus pada Palu dan Donggala yang terkena gempa dan tsunami, Sutopo mengatakan penanganan darurat di Lombok terus berjalan.

"Bukan berarti kita mengabaikan. Di sana masih banyak permasalahan yang memang segera diselesaikan terkait dengan perbaikan rumah, rehabilitasi rekonstruksi," jelasnya.

Bahkan rencananya, menurut Sutopo, besok Wakil Presiden Jusuf Kalla akan mengunjungi Lombok. "Presiden Pak Jokowi juga akan ke Lombok. Jadi penanganan darurat masih dilakukan," tambahnya.

Seperti diketahui Lombok diguncang gempa berkekuatan 6,4SR pada Minggu, 29 Juli 2018. Akibat bencana tersebut korban meninggal dunia mencapai 564 orang.

Baca juga: Kunjungan Wisman di Juli 2018 Capai 1,54 Juta, Lombok Masih Jadi Destinasi

Share :
Komentar :

Terkait

Read More