Forgot Password Register

Bolehkah Minum Sirup Setiap Hari Saat Berbuka Puasa?

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sirup bisa menjadi salah satu minuman ikonik di bulan puasa. Banyak orang yang melepas dahaga dengan segelas sirup dingin setelah seharian berpuasa. Bahkan beberapa diantaranya melakukan itu hampir setiap hari. 

Namun meski tidak ada salahnya berbuka puasa dengan menu favorit, tetapi kita juga harus mulai memperhatikan kesehatan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Menjadikan sirup sebagai menu rutin untuk berbuka puasa bukanlah hal yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Buka Puasa Pakai Gorengan Takut Panas Dalam? Begini Cara Konsumsinya

Sirup merupakan minuman yang mengandung gula begitu tinggi. Meski pada dasarnya saat berbuka kita membutuhkan asupan gula, namun tidak juga dalam jumlah yang terlalu tinngi. Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan perkembangan penyakit jangka panjang.

Bukah hanya sirup, tapi pada umumnya minuman manis sebaiknya untuk dikurangi dalam mengonsumsinya. BPHC mencatat ada banyak kerugian yang bisa kamu dapatkan jika sering mengonsumsi minuman manis saat berpuasa. Adapun kerugian yang bisa kamu dapatkan di antaranya mengembangkan diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan asam urat.

Diabetes tipe 2 adalah penyakit di mana tubuh tidak dapat mengatur gula darah dengan benar dan dapat menyebabkan kebutaan, amputasi ekstremitas bawah, serangan jantung, impotensi, dan kematian.

Baca juga: Ada Kue Ulang Tahun Terbuat Dari Indomie Lho, Tertarik Mencoba?

Sebuah penelitian mencatat bahwa wanita yang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman manis secara rutin lebih berisiko terkena diabetes. Sementara untuk anak akan berisiko mengalami peningkatan kegemukan sebesar 60% jika setiap hari mengonsumsi minuman manis.

Mulai sekarang lebih baik mengurangi kebiasaan mengonsumsi minnuman manis setiap hari. Pilihlah minuman yang sedikit mengandung gula atau rendah gula.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More