Pantau Flash
Vettel Akui Mercedes Begitu Sempurna Musim Ini
MPR Pastikan Megawati dan SBY Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
KontraS Nilai Hukuman Mati Sudah Tak Relevan di Indonesia
Anies Baswedan Klaim Rumah DP Rp0 Laris Manis
Dibenamkan Vietnam 1-3, Suporter Indonesia Lakukan Unjuk Rasa

Borobudur Marathon Diharapkan Bisa Masuk Kejuaraan Dunia

Borobudur Marathon Diharapkan Bisa Masuk Kejuaraan Dunia Penyelenggara Borobudur Marathon. (Foto: Antara)

Pantau.com - Borobudur Marathon diharapkan kelak pada suatu saat dapat masuk sebagai salah satu World Marathon Majors. Harapan ini disampaikan pihak panitia penyelenggara pada konferensi pers Borobudur Marathon 2019 yang berlangsung di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa 18 Juni 2019.

"Ada road map jangka panjang yaitu suatu saat harus masuk World Marathon Majors. Untuk itu, perbaikan kualitas merupakan suatu keniscayaan," kata Budiman Tanuredjo.

Saat ini, hanya ada enam seri lari marathon yang masuk dalam World Marathon Majors, yakni marathon yang diselenggarakan di Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, dan New York.

Salah satu upaya yang dilakukan pihak penyelenggara untuk meningkatkan kualitas lomba adalah menerapkan sistem ballot (undian) untuk menyaring jumlah peserta. Dari 17.029 pendaftar, hanya 8.000 orang yang berhak mengikuti ajang ini.

Baca Juga: Sukses di Bali, GFNY Kembali Tantang Para Pesepeda

Perihal persentase jumlah peserta, Budiman menyatakan bahwa lomba lari ini akan diikuti 68 persen pelari laki-laki dan 38 persen pelari perempuan. Sedangkan terdapat peningkatan sebesar empat persen untuk para pelari yang berasal dari luar negeri.

Selain itu, terdapat pula jalur fast runner qualification bagi para atlet. Dari 321 atlet yang mendaftar, terdapat 53 atlet yang lolos. Bagi yang tidak lolos, mereka akan mengikuti sistem undian.

Selain soal olahraga, Budiman juga berharap ajang ini dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk menjalin hubungan sosial yang lebih baik.

"Harapannya para pelari tidak datang sendirian, melainkan bersama keluarga. Toh jika tidak lolos ballot, masih bisa ikut family run di Candi Pawon sehari sebelumnya," tuturnya.

Sekadar informasi, Borobudur Marathon 2019 akan diselenggarakan di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 17 November 2019.


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: