Forgot Password Register

BPTJ Akui Hari Pertama Uji Coba Ganjil Genap Tol Tangerang Belum Maksimal

Uji coba ganjil genap tol Tangerang (Foto: Istimewa) Uji coba ganjil genap tol Tangerang (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Penerapan ganjil genap di Tol Tangerang-Jakarta hari ini masih dipadati kendaraan. Pasalnya, masih banyak pengendara yang belum mengetahui uji coba tersebut. 

"Kami sudah dapat informasi dari banyak pengguna kendaran pribadi atau para mereka yang ada dijalan tol itu, jalan tol Tangerang masih padat hari ini," ujar Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Budi Raharjo kepada Pantau.com saat dihubungi Senin, (16/4/2018).

Tak hanya itu, pengaturan kendaraan berat yang belum diatur waktu perjalanannya juga menjadi penyebab padatnya kendaraan di Tol Tangerang. 

"Kendaraan angkutan barang yang belum sepenuhnya maksimal dikatakan untuk tidak beroperasi, karena pemberlakuan angkutan barang ini pekerjaan yang tidak mudah, karena harus siapkan kantong-kantongnya dimana," jelas Budi.

Baca juga: Hari Ini, Uji Coba Ganjil Genap Tol Tangerang Mulai Diberlakukan

Menurutnya,  masyarakat juga masih enggan beralih ke kendaraan umum, lantaran jalur bus yang dibangun didalam tol belum dapat diperasikan maksimal.

Hal ini lagi-lagi kata dia terkait pengaturan kendaraan berat golongan III, IV, dan V dari Cikupa hingga Tomang, "Sehingga hingga kemudian otomatis lajur bus angkutan umum tadi itu belum efektif," terangnya.

Pagi tadi, menurut Budi masih ada sekitar 15 hingga 20 persen kendaraan yang menggunakan plat nomor tidak sesuai dengan tanggal yang tengah berlaku, sehingga petugas mengalihkannya ke jalur lain dan tidak boleh melalui dua pintu tol Tangerang 2 dan Kunciran 2.

Sekadar informasi, uji coba ganjil genap kendaraan pribadi ini akan berlangsung selama dua pekan kedepan, dimulai 16 April hingga 30 April 2018 dan diharapkan dapat mengurangi kemacetan di dalam tol.

"Kita harapkan selama dua minggu berjalan, tahap itu kalau angkutan barang ini sudah mulai berkuarang operasinya pada jam yang sama pukul 06.00 hingga 09.00 WIB, nanti diberlakukan jalur angkutan umum yang belum efektif," tutur dia.

Sementara itu, ada tiga mekanisme perubahan yang akan diberlakukan BPTJ dalam mengurai kemacetan di dalam tol selama masa uji coba selain ganjil-genap yaitu, menambah armada kendaraan umum jadi sebanyak 31 bus, penghentian sementara angkutan berat dengan menyediakan kantong-kantong penampungan kendaraan. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More