Forgot Password Register

Bukan dari Belanda, Ternyata Bunga Tulip Berasal dari Turki

Bukan dari Belanda, Ternyata Bunga Tulip Berasal dari Turki Bunga Tulip (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pasti sebagian besar orang mengetahui jika Bunga Tulip berasal dari Belanda. Ternyata itu salah besar, Bunga Tulip sejatinya berasal dari Turki, dimana mekar setiap akhir bulan Maret di Kota Istanbul.

Baca juga: 5 Mitos Ibu Hamil yang Tak Perlu Dipercaya

"Tulip sebenarnya dari Turki, dulu dibudidayakan pada masa kekaisaran Ottoman dan kemudian baru masuk ke Belanda," kata warga Istanbul yang juga pemandu wisata Tugrul Turnali di Istanbul, Turki.

Buktinya, motif Bunga Tulip sudah dipakai sejak lama dalam berbagai seni ornamen Turki dan Persia. Kata Tulip sendiri berasal dari kata dalam bahasa Turki yakni 'turban'.

"Disebut turban karena bentuknya menyerupai turban alias penutup kepala khas Turki yang biasa dipakai pria Turki," kata Turnali.

Salah satu destinasi wisata terkenal tempat menikmati indahnya Tulip di Istanbul adalah Emirgan Park, yang terletak di wilayah Emigran, distrik Saryer, Istanbul, atau pesisir Eropa Bosphorus.

Salah satu taman publik terbesar di Istanbul itu memiliki luas 470 ribu meter kubik yang dikelola pemerintah kota.

Setidaknya ada 120 spesies tumbuhan di taman itu, termasuk pohon pinus berbagai jenis dan bunga tulip warna-warni.

Baca juga: Girls, Ketahui 5 Fakta Menarik Tentang Lip Balm

Di taman itu, pengunjung bisa menikmati indahnya taman bunga dan sejuknya hutan pinus sambil lari-lari kecil di jogging track atau piknik di bangku-bangku taman yang banyak tersedia di sana.

Meski demikian, jika berkunjung ke Emirgan Park harus berhati-hati saat bertemu anjing-anjing liar. Meski tampilannya bersih, beberapa cenderung galak saat didekati.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More