Forgot Password Register

Bukan Ditenggelamkan, Menteri Susi Minta Pelaku Bisnis Perikanan Lari dan Loncat

Bukan Ditenggelamkan, Menteri Susi Minta Pelaku Bisnis Perikanan Lari dan Loncat Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (tengah) (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan, fenomena perang dagang antara Amerika Serikat dan China seharusnya bisa menjadi momentum bagi pengusaha nasional guna meningkatkan produksi dan ekspor. 

Jika Menteri Susi yang kerap viral dengan statement soal 'tenggelamkan' kali ini Susi minta para pengusaha lokal justru lari mencari celah di perang dagang AS-China.

"Fenomena 'trade war' antara China dengan Amerika, saya berharap seluruh pelaku bisnis perikanan Indonesia mengambil momen ini untuk lari, untuk loncat meningkatkan produksi dan ekspor," kata Susi Pudjiastuti dalam keterangan presnya, Selasa (4/12/2018).

Susi menekankan jangan sampai mengulangi era tahun 2000-2004, di mana AS menerapkan antidumping kepada sejumlah negara seperti China dan Thailand, seharusnya bisa membuat budidaya Indonesia menjadi bangkit, tetapi ternyata udang nasional banyak dijual kepada berbagai pihak yang terkena antidumping tersebut yang berupaya menjualnya ke Amerika.

Baca juga: Gagal Jadi PNS di 2018? Jadi TKI di Korea Selatan Gajinya Rp22 Juta

Sebagaimana diwartakan, Wakil Presiden M Jusuf Kalla berharap pertemuan G-20 dapat menghadirkan solusi terbaik untuk membuat perdagangan dunia yang lebih baik di tengah melesunya perekonomian dunia akibat perang dagang Amerika Serikat dan China.

"Yang perlu dipahami bersama adalah kunci dari permasalahan ekonomi saat ini adalah bagaimana mencari jalan keluar dari perang dagang antara dua raksasa ekonomi yakni Amerika dan Tiongkok, kata Wapres di Buenos Aires, Argentina, Kamis (29/11/2018) waktu setempat.

Wapres menyampaikan akibat perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok, saat ini roda perekonomian global semakin melambat.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More