Forgot Password Register

Bunda Ingat! Ini Mitos Seputar Menyusui dan MPASI

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Di era digital saat ini masih ada saja mitos atau seputar menyusui dan mempersiapkan MPASI yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan secara medis.

Berikut mitos yang hingga kini masih sebagian orang percayai menurut spesialis anak dr. Yoga Devaera, Sp.A(K)

1. Bayi usia enam bulan perlu susu formula

Salah satu pasien saya pernah bertanya apa benar setelah usia 6 (enam) bulan, bayi membutuhkan tambahan jenis susu lainnya. Ini tidak benar," tutur Yoga dalam keterangan tertulisnya.

Setelah usia 6 bulan, bayi memerlukan tambahan energi, protein dan terutama zat besi karena ASI saja tidak mencukupi. Namun, asupan diberikan setelah 6 (enam) bulan bukan susu formula tetapi makanan padat atau MPASI yang mengandung zat dibutuhkan tadi. Pengenalan tekstur makanan padat juga diperlukan sehingga keterampilan makan bayi terasah.

Baca juga: Psstt.... Konsumsi Jangkrik Bisa Sehatkan Usus

2. Jika bayi diberikan ASI dengan botol, ia akan menolak payudara ibu

Yoga mengatakan, ada banyak bayi yang menyusui dari payudara dan botol secara bergantian tanpa masalah berarti.

"Selama botol itu diperkenalkan setelah sang bayi sudah mahir menyusui secara langsung dari payudara ibu, biasanya di sekitar usia 2 (dua) bulan.

Setiap ibu hidup dalam situasi dan kondisi yang berbeda, dan banyak dari mereka yang terbantu dengan menyusui bayinya secara langsung dan menggunakan botol secara bergantian," papar dia.

Penggunaan botol juga memungkinkan sang Ayah atau anggota keluarga lain untuk membantu ibu memberikan ASI kepada si kecil.




Share :
Komentar :

Terkait

Read More