Forgot Password Register

Cara Jitu Mengatasi Rasa Pegal Saat Berjalan-jalan di Mall

Cara Jitu Mengatasi Rasa Pegal Saat Berjalan-jalan di Mall Ilustrasi berjalan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pegal kaki jadi hal lumrah yang sering dialami banyak orang, termasuk saat berjalan-jalan ke mall. Tapi sadar atau tidak apa yang dirasakan itu akibat dari kebiasaan buruk tidak pernah berolahraga.

"(Pegal) itu karena jarang jalan, jarang jalan itu jadinya pegal," ujar Spesialis Olahraga Dr. Andi Kurniawan, Sp.KO beberaoa waktu lalu di Jakarta.

Baca juga: Benarkah Sakit Kepala Hingga Pegal di Tengkuk Leher Belakang Gejala Hipertensi?

Menurut Dr. Andi, rasa pegal terjadi karena ototnya yang kaku dan jarang digunakan, terlebih saat terjadinya pegal tidak dilakukan pemanasan seperti stretching atau peregangan otot.

"Kalau jarang stretching dan segala macam, maka ototnya sering kaku. Terus otot kita kurang kuat, kita jarang latihan," jelasnya.

Rasa pegal paling sering menyerang betis, karenanya Dr. Andi memberikan tips untuk mengurangi rasa pegal pada betis saat berjalan dengan berjinjit beberapa kali untuk melatih kekuatan otot.

Baca juga: Ikuti Cara Eriska Rein Redakan Pegal Tanpa Pijat

"Jadi banyak sekali latihan-latihan yang sebenarnya direkomendasikan untuk mereka. Ketika pegal stretching, kemudian jalan lagi pasti akan enakan," ungkapnya.

Jika rasa pegal tak juga mereda, maka cobalah merendam kaki dengan air hangat dan air garam untuk melenturkan otot yang tegang, Dr. Andi memastikan langkah itu tidak akan berbahaya untuk otot.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More